Senin 08 Feb 2016 09:51 WIB

Jalan Keluar

Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)
Foto: onislam.net
Mualaf tengah berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Langit dan bumi, begitu juga isinya ada dalam "genggaman" Allah. Demikian  setiap kejadian dalam hidup ini ada dalam genggaman Dzat Yang Mahakuasa.

Segenap persoalan hidup ini ada jawabannya pada-Nya. Dan jawaban terhadap persoalan hidup terbaik hanyalah milik-Nya. Sebagai manusia ciptaan-Nya kita memang telah diberikan berbagai potensi.

Dengan mengerahkan segenap potensi itulah ikhtiar kita telah terbukti dihadapan-Nya. Kalau ternyata usaha optimal kita mengalami "jalan buntu", maka bersegeralah menyerahkan semua pada-Nya.

Manusia itu pada dasarnya, 'Laa haula wa laa quwwata illa billah.' Tiada daya dan upaya kecuali atas pertolongan-Nya. Maka di sini, jangan takut terhadap masalah. Justru yang harus kita takutkan, ketika kita telah optimal berusaha, berikhtiar sepenuh hati, tiba-tiba saat mentok kita malah berputus asa dari rahmat-Nya.

Dengan kata lain, setelah usaha yang sungguh-sungguh kita laksanakan kita makin melupakan kekuasaan-Nya. Untuk itu, ada baiknya kita renungi apa yang dikumandangkan oleh Alquran surat ath-Thalaq ayat 2 dan 3 ini,

"Barangsiapa yang bersungguh-sungguh mendekati Allah (bertakwa) niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar bagi setiap urusannya, dan akan diberi rezeki dari tempat yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal hanya pada Allah, niscaya akan dicukupi segala kebutuhannya

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement