Rabu 03 Feb 2016 09:02 WIB

Hadiah Rasulullah untuk Ummu Khalid

Rasulullah
Foto: wikipedia
Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, Ummu Khalid binti Khalid berasal dari suku Quraisy, Makkah. Ia lahir berkat seorang ayah bernama Khalid bin Said bin Ash. Ayahnya adalah salah seorang yang masuk dalam golongan roang-orang yang pertama masuk Islam. 

Ibunya Umaimah binti Khalaf al-Kharaiyah. Ia seorang wanita istimewa dari kalangan sahabat. Saudara laki-lakinya, Said bin Khalid juga termasuk sahabat yang mulia. Pamannya dari pihak ayah, Amru bin Said bin aAh, juga termasuk orang-orang yang pertama kali memeluk islam. Dia wafat dalam Perang Yarmuk.

Ummu Khalid menikah dengan Zubair bin Awwam. Ia termasuk al-Asyr al-Muhabasyarin bil Jannah atau sepuluh orang yang dijanjikan masuk surga. Dari pernikahannya dengan Zubair bin Awwam, Ummu Khalid memiliki dua orang putra, Umar dan Khalid.

Ummu Khalid telah memeluk agama Islam sejak lahir. Ia lahir di Habasyah (Ethiopia), sebab kedua orang tuanya ikut berhijrah ke Habasyah ketika siksaan kaum Quraisy Makkah makin menjadi-jadi kepada orang-orang Mukmin. Ummu Khalid termasuk perempuan istimewa. Ia pernah menerima hadiah khusus dari Rasulullah SAW diiringi doa baginya. 

 

 

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement