Senin 25 Jan 2016 10:53 WIB

Tiga Nabi yang Pernah Tercatat dalam Prasasti

Prasasti Ebla
Foto:

Para sejarawan mengkaji prasasti Ebla dari sudut pandang ini, dan penemuan besar tentang Nabi Ibrahim dan misi yang diembannya menjadi bahan penelitian dalam kaitannya dengan sejarah agama-agama.

David Noel Freedman, arkeolog dan peneliti Amerika mengenai sejarah agama-agama, melaporkan berdasarkan penelitiannya nama-nama nabi, seperti Ibrahim dan Ismail, di dalam prasasti tersebut.

Selain nama-nama ini, terdapat pula hal-hal lain dan nama-nama tempat di dalam prasasti tersebut, yang dengannya dapat diketahui bahwa penduduk Ebla adalah para pedagang yang sangat berhasil. Nama Sinai, Gaza, dan Yerusalem, yang tidak terlalu jauh letaknya dari Ebla, juga terdapat di dalam tulisan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa penduduk Ebla memiliki hubungan yang sangat baik dengan tempat-tempat tersebut dalam bidang perdagangan dan kebudayaan.

Satu perincian penting yang diketahui dari prasasti tersebut adalah nama-nama wilayah, seperti Sodom dan Gomorrah, tempat berdiamnya kaum Luth.

Diketahui bahwa Sodom dan Gomorrah adalah sebuah wilayah di pesisir Laut Mati tempat bermukimnya kaum Luth dan tempat di mana Nabi Luth mendakwahkan risalahnya dan menyeru masyarakat untuk hidup mengikuti nilai-nilai ajaran agama. Selain dua nama ini, Kota Iram, yang tercantum di dalam ayat-ayat Alquran, juga di antara yang tersebut di dalam prasasti Ebla. (Bersambung).

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement