Rabu 20 Jan 2016 16:35 WIB

Pendakwah Sejati tidak Menghasut

Rep: Retno Wulandari/ Red: Agung Sasongko
Dakwah
Foto: Dok. Republika
Dakwah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para pendakwah diharapkan tidak melakukan provokasi atau menghasut lewat dakwah. Sekretaris Umum Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI), Ustaz Bachtiar Nasir, mengatakan pendakwah sejatinya melakukan provokasi ke arah positif.

Ustaz Bachtiar sendiri tidak membenarkan adanya profokatif negatif di dalam dakwah. Profokatif negatif menurut Ustaz Bachtiar adalah mendorong orang lain untuk melakukan tindakan-tindakan meyimpang sepertu misalnya memusuhi orang lain, melakukan kerusakan ke sarana publik atau sampai melakukan pertumpahan darah.

"Ada sebagian kecil orang-orang yang berdakwahnya menggunakan pendekatan dengan pola-pola provokasi," kata ustaz Bachtiar saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (20/1).

Pola-pola seperti itu, ungkapnya, biasa dilakukan oleh kelompok-kelompok sesat dan menyimpang, bukan da’i yang sesungguhnya ingin berdakwah dijalan Allah SWT. Biasanya pelaku-pelaku seperti itu memiliki tendensi karena duniawi bukan karena dakwah. 

Kelompok ini memiliki kepentingan-kepentingan sesaat karena politik, ekonomi atau mungkin secara militeristik bisa dicapai secara instan. Sehingga dakwah yang semestinya dilakukan dengan penuh kesabaran kemudian berubah menjadi profokatif. 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement