Rabu 20 Jan 2016 06:00 WIB

Diantara Tiga Golongan Ini, Termasuk yang Manakah Anda?

Nilai dan kwalitas manusia tercermin dari bahasa yang keluar dari mulutnya (ilustrasi)
Warga Turki tengah melaksanakan shalat Jumat.

Muttaqin adalah orang terbaik dalam pandangan Allah SWT (QS Al-Hujurat:13). Surga pun disediakan khusus bagi mereka (QS. Ali Imran:133).Dalam QS. 2:3-5 disebutkan bahwa kaum Muttaqin memiliki ciri yang sama dengan orang beriman (mukminin) atau orang Islam (muslimin).

Disebutkan, karakteristik kaum muttaqin adalah beriman kepada yang gaib, mendirikan sholat, menginfakkan sebagian harta, meyakini kebenaran Alquran dan kitab sebelumnya, serta beriman pada hari akhirat. Setelah menyebutkan karakteristik tersebut, Alquran menegaskan bahwa merekalah yang akan mendapat kebahagiaan.

Secara garis besar, karakteristik tersebut mencakup apa yang dinamakan rukun iman dan Islam. Intinya, kaum Muttaqin meyakini eksistensi Allah dan Rasul-Nya, serta semua yang diajarkannya kepada manusia. Keyakinan ini kemudian melahirkan sikap "sami'na wa atho'na", kami dengar dan taat, atas segala yang diperintahkan Allah. 

Tentu bukan "ketaatan buta", tanpa ilmu, karena salah satu syarat diterimanya amal shalih adalah melakukannya disertai ilmu dan pemahaman tentang amal yang dilakukan.

Muttaqin adalah orang yang menjalani kehidupannya dengan mengacu pada aturan Islam dan menolak aturan buatan manusia yang bertentangan dengan aturan Allah. Mereka berpegang teguh, konsisten, dalam menjalankan ajaran Islam, apa pun risikonya, dan berusaha menebar kedamaian dan harmoni di tengah masyarakat.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement