Senin 11 Jan 2016 22:30 WIB

Bahasa Arab Pengaruhi Bahasa-Bahasa di Dunia

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Perayaan hari Bahasa Arab Sedunia di Sekolah Al-Haramain, Jakarta.
Foto: Kedubes Arab Saudi
Perayaan hari Bahasa Arab Sedunia di Sekolah Al-Haramain, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama seperti peran bahasa Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa, bahasa Arab menyumbangkan banyak kosakata kepada bahasa- bahasa di dunia Islam. Pada Abad Pertengahan, bahasa Arab merupakan bahasa utama ilmu pengetahuan dan politik.

Interaksi pada masa itu membuat beberapa bahasa Eropa turut meminjam ratusan kosakata bahasa Arab.

Pengaruh bahasa Arab paling mendalam tampak pada negara-negara mayoritas Islam atau yang pernah dikuasai Islam. Sebut saja, dalam bahasa Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu, dan Indonesia.

Kebanyakan istilah agama yang digunakan oleh Muslim seluruh dunia adalah pinjaman dari bahasa Arab. Kendati demikian, pengaruh bahasa tidak kurang banyak dalam bahasa- bahasa di belahan bumi Eropa. Sebagian besar pengaruh tersebut bermula dari ekspansi Islam ke Semenanjung Iberia.

Sebuah buku bertajuk Arabic in World Languages yang dipublikasikan The King Abdul Aziz Center dalam rangka UN Arabic Language Day, mendokumentasikan pengaruh bahasa Arab dalam delapan bahasa dunia, yaitu Spanyol, Italia, Prancis, Inggris, Jerman, Turki, dan Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement