Rabu 06 Jan 2016 14:04 WIB

'Dekatkan Anak dengan Alquran'

Rep: c35/ Red: Damanhuri Zuhri
seorang anak sedang belajar membaca Alquran.
Foto: Antara
seorang anak sedang belajar membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Persaudaraan Muslimah (Salimah) 2000-2005 Aan Rohanah menegaskan ibu memiliki tanggung jawab besar untuk mengembalikan anaknya dalam keadaan suci. Sehingga ibu adalah teladan selama 24 jam bagi anak-anaknya.

"Allah SWT akan murka kepada ibu yang tidak mendidik anaknya untuk dekat dengan Alquran. Dan ibu berfungsi menyiapkan jalan anaknya menuju surga," kata Aan Rohanah dalam tausyiahnya di Jakarta, Rabu (6/1).

Oleh karena itulah dia menekankan ibu wajib untuk mendirikan shalat malam; mengkhatamkan Alquran setiap bulan; pandai menjaga keikhlasan dan sabar; qudwah hasanah (menjadi contoh) dan doa; serta memperluas wawasan.

''Dengan demikian, anak akan melihat pengorbanan seorang ibu, jadi tanpa disuruh pun anak akan mendahulukan ibunya,'' ungkap Aan Rohanah menjelaskan.

Selain itu, menurut dia, landasan mendidik anak adalah harus berasal dari Allah SWT. Oleh karena itu dia menekankan kepada para ibu agar jangan menjauhkan anak dari Alquran. Maksudnya adalah terlambat mengajarkan Alquran kepada anak.

Menurut dia terlambat mengajari anak membaca Alquran sejak usia Sekolah Dasar (SD) atau mengajarkan anak menghafal Alquran sejak SD adalah hal yang fatal.

''Seharusnya kita mengisi miliyaran sel otak anak dengan Alquran sejak dalam kandungan. Selain itu, anak usia TK seharusnya sudah diajarkan shalat di masjid,'' kata Aan mengingatkan.

Ditambahkan, anak usia empat tahun harus bisa membaca Alquran. Setahun bisa selesai bila rutin tiap hari diajarkan. Ketika ibu telah berkeinginan kuat, maka Allah akan memberikan jalan.

Ia kemudian memberikan contoh, Imam Syafii dari Mesir yang ketika kecil diletakkan ibunya di Mekkah pada usia empat tahun. Hal itu, tidak lain untuk mendidik Imam Syafii menjadi anak yang cinta Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement