Rabu 30 Dec 2015 17:11 WIB

Kemenag Sleman Ajak Warga Hidup Sehat

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Indah Wulandari
Aktif bergerak belum tentu sudah cukup melakukan olah raga. Patokannya, perhatikan denyut jantung tak semata keringat yang keluar.
Foto: Republika/Prayogi
Aktif bergerak belum tentu sudah cukup melakukan olah raga. Patokannya, perhatikan denyut jantung tak semata keringat yang keluar.

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sleman akan mengajak masyarakat untuk berolahraga dan melaksanakan pola hidup sehat, Sabtu (2/1).

Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Sleman ke-70 tahun 2015. "Jadi konsepnya memang mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga," papar Lutfi, Rabu (30/12).

Jalan santai akan dipadukan dengan senam sehat menggunakan iringan musik kolaborasi tradisional. Antara lain angklung, gamelan, dan hadrah. Perpaduan tersebut sengaja dibuat untuk menyingkirkan stigma kuno dan kampungan terhadap alat-alat musik tradisional. Karena selama ini musik pengiring senam selalu didominasi oleh musik Barat.

Menurut Lutfi, senam Nusantara dengan kolaborasi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Ditambah jumlah pesertanya nanti akan diikuti oleh ratusan orang. Adapun titik kumpul lokasi jalan sehat, yaitu Lapangan Pemkab Sleman.

Selain senam sehat, Kantor Kemenag Sleman juga telah mengadakan beberapa acara terkait HAB. Antara lain semaan Alquran 30 juz pada Kamis (18/12).

Acara ini diikuti oleh para penghapal Alquran dari madrasah dan pondok pesantren. Lalu dilanjutkan sunatan masal pada Selasa (29/12).

"Peserta sunatan massal ada 70 anak. Semuanya anak-anak dari keluarga kurang mampu," tutur Lutfi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement