Sabtu 26 Dec 2015 14:51 WIB

50 Tahun Perjalanan Adian Husaini untuk Umat

Rep: c34/ Red: Teguh Firmansyah
Adian Husaini
Foto: Facebook/Adian Husaini
Adian Husaini

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebagai wujud Muhasabah di usia lima dasawarsa, cendekiawan Muslim Adian Husaini merilis lima buku terbarunya. Peluncuran dan bedah buku tersebut digelar di Aula KH Abdullah Sidiq, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Sabtu (26/12).

Lima judul buku yang ia rilis antara lain "10 Kuliah Agama Islam", "Liberalisasi Islam di Indonesia", "Kerukunan Beragama dan Kontroversi Penggunaan Kata 'Allah' dalam Agama Kristen", "50 Tahun Perjalanan Meraih Ilmu dan Bahagia", serta "Mewujudkan Indonesia Adil dan Beradab".

Doktor bidang Peradaban Islam lulusan ISTAC-IIUM Malaysia itu berharap pandangan yang ia tuangkan dalam bukunya bisa menjadi rujukan dalam penyelesaian persoalan umat yang kini mengemuka.

"Karya-karya ini diharapkan bisa menjadi sumbangan dalam pendidikan agama karena tantangan umat ke depan akan jauh lebih berat," ungkap Adian yang didampingi keluarga besarnya.

Dalam buku-bukunya, Adian banyak membahas mengenai adab, akhlak, dan kerukunan umat beragama. Buku "Mewujudkan Indonesia Adil dan Beradab", misalnya, merupakan ikhtiar Adian mengaktualkan kembali pemikiran-pemikiran kenegaraan dari negarawan Muslim dan para pendiri bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement