Senin 30 Nov 2015 15:56 WIB

Sembilan Pesan Rasul tentang Pelestarian Lingkungan

Seorang warga menata pohon sengon (Albizia chinensis) yang akan dijual sebagai tanaman penghijauan di Bogor.
Foto:
Kucing (ilustrasi)

7. Berlakulah lembut pada binatang peliharaan, binatang ternak atau tunggangan. Bahkan perlakukanlah binatang peliharaan seperti anggota keluarga sendiri. Yakni diberi makan dan tempat yang layak, dipelihara dengan kasih sayang.

8. Perbaikilah lingkungan (alam, binantang dan hewan) dengan seluruh kemampuan. Teruslah menaman pohon dalam keadaan apapun. Jadikan kegiatan penghijauan sebagai ibadah tertinggi. Nabi bersabda: "Jika kiamat terjadi, sedangkan di tangan seseorang di antara kalian ada benih tanaman, selama ia mampu menanamnya sebelum berdiri maka lakukanlah. (HR Bukhari dalam Al Adabul Mufrad), kemudian belia pun bersabda: "Berusahalah untuk meraih apa yang bermanfaat bagimu dan mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah lemah."

9. Kumpulkanlah semua orang berbagai latar belakang untuk bersama-sama melindungi lingkungan. Nabi bersabda: "Kaum Muslim berserikat dalam tiga hal yakni air, padang rumput dan api. Harga (menjualbelikannya) adalah haram (HR Abu Dawud). 

Pada hadis lain Nabi bersabda: "Tiga hal yang tidak boleh dilarang (untuk dinikmati siapa pun) adalah air, padang rumput dan api. (HR Ibnu Majah). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement