Jumat 19 Apr 2024 17:10 WIB

Kemenag: Penyuluh Agama Wajib Sukseskan 4 Program Prioritas Pemerintah

Penyuluh agama memberikan dampak positif dalam mengatasi masalah aktual masyarakat.

Penyuluh agama mengajari warga binaan pemasyarakatan atau narapidana mengaji di Masjid At Taubah di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (14/3/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Penyuluh agama mengajari warga binaan pemasyarakatan atau narapidana mengaji di Masjid At Taubah di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (14/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan seluruh penyuluh agama wajib menyukseskan empat program prioritas pemerintah yang dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2024.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Ahmad Zayadi menjelaskan SE tersebut menekankan pentingnya peran penyuluh agama dalam melaksanakan empat program prioritas yang telah ditetapkan yaitu penurunan stunting, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi, dan pelestarian lingkungan.

Baca Juga

"Penyuluh agama, termasuk juga penghulu, memiliki peran penting dalam mencapai tujuan-tujuan strategis ini. Mereka memiliki akses langsung ke masyarakat dan dapat memberikan pemahaman melalui pesan-pesan agama untuk melaksanakan program prioritas tersebut," kata Zayadi di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Ia menyatakan Kemenag memberikan dukungan penuh, khususnya kepada penyuluh agama di seluruh Indonesia yang saat ini jumlahnya mencapai 50 ribu orang.

"Saudara-saudara penyuluh agama selama ini tidak hanya melakukan tugas bimbingan dan penyuluhan bidang keagamaan semata, melainkan juga bertugas di bidang sosial dan ekonomi kemasyarakatan," kata dia.

Ia meyakini penyuluh agama dapat memberikan dampak positif dalam mengatasi masalah aktual masyarakat, terutama perihal stunting, kemiskinan, dan lingkungan. Mereka dapat mengoptimalkan beberapa metode ceramah, dialog, pendampingan, hingga pemberdayaan.

"Kami akan terus memberikan penguatan kapasitas kepada penyuluh agama untuk memastikan mereka siap secara kompeten dalam melaksanakan program-program prioritas pemerintah," katanya.

Langkah-langkah konkret, kata Zayadi, akan segera diimplementasikan untuk memastikan bahwa penyuluh agama dapat berperan secara efektif dalam melaksanakan program prioritas pemerintah.

"Hal ini termasuk pengembangan materi penyuluhan, pelatihan khusus, pertukaran informasi terkait program-program prioritas tersebut, dan pemantauan terhadap pelaksanaan di lapangan," ujarnya.

Menurut Zayadi, para penyuluh agama dapat bekerja sama dan berkolaborasi erat dengan lembaga filantropi, pakar kesehatan, praktisi ekonomi, elemen masyarakat lainnya, untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih efektif.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement