Jumat 13 Nov 2015 21:08 WIB

Kaerawan, Pusat Peradaban Islam Tertua Maghribi

Rep: Hanan Putra/ Red: Agung Sasongko
Kaerawan atau Kairouan
Foto:

RABAT -- Kaerawan adalah sebuah kota kecil sekitar 156 km dari ibu kota Tunisia. Kata kaerawan berasal dari bahasa Persia yang diserap ke dalam bahasa Arab, yang artinya tempat penyimpanan peluru. Kaerawan bisa juga diartikan sebagai tempat turunnya pasukan tentara, waktu istirahat kafilah, atau tempat perkumpulan orang pada waktu perang.

Kota Kaerawan didirikan salah seorang sahabat Nabi, Uqbah bin Nafi' RA, tahun 50 H. Tujuan dibangunnya kota ini agar umat Islam dapat tinggal dan menetap di tempat itu. Pasalnya Uqbah merasa khawatir kalau-kalau penduduk asli bangsa Afrika di sana kembali memeluk agama tradisionalnya bila ditinggalkan Muslimin Arab.

Pemilihan lokasi Kota Kaerawan dilakukan oleh Uqbah bin Nafi atas pertimbangan strategis. Menurut Uqbah, penduduk negeri tersebut tidak memiliki moral yang jelas. Bila mendapat tekanan pedang senjata, mereka akan memeluk Islam. Tetapi, bila umat Islam pergi, mereka kembali ke tradisi dan memeluk agama lamanya. "Saya tidak melihat perlunya umat Islam tinggal bersama mereka. Saya justru berpendapat perlu membangun sebuah kota yang akan menjadi tempat tinggal umat Islam dari penduduk setempat," jelas Uqbah kepada para sahabatnya. Mereka pun membenarkan pendapatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement