Kamis 05 Nov 2015 17:52 WIB

Din: Ada Dua Nama Tokoh Lain Layak Dapat Gelar Pahlawan

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Agung Sasongko
Din Syamsuddin
Foto: ROL/Fian Firatmaja
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyambut gembira penganugerahan gelar pahlawan kepada Ki Bagus Hadikusumo. Ki Bagus Hadikusumo adalah mantan Ketum PP Muhammadiyah periode 1944-1953 dan anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

"PP Muhammadiyah sejak dua tahun lalu mengusulkan tiga tokoh untuk mendapat gelar pahlawan karena jasa mereka sangat besar dalam penegakan kemerdekaan dan Negara Pancasila," ujar Din melalui pesan singkat kepada ROL, Kamis (5/11).

Din menyebut dua nama yang diusulkan Muhammadiyah yakni Abdul Kahar Muzakir dan Kasman Singodimejo. Menurutnya, Kahar Mudzakir adalah anggota Tim Sembilan BPUPKI yg merumuskan dasar negara. Sedangkan Kasman Singodimejo adalah anggota PPKI dan Ketua Komite Indonesia Pusat (KNIP) yang saat ini serupa dengan MPR.

"Tentu para tokoh itu tidak memerlukan gelar kepahlawanan karena mereka ikhlas berjuang untuk bangsa namun seyogyanyalah negara memberi penghargaan sebagai bukti bahwa bangsa ini tidak melupakan sejarah dan dapat menjadi pelajaran bagi generasi penerus," ujar Din.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement