Ahad 01 Nov 2015 18:45 WIB

MUI Dorong Penguatan Masyarakat Madani

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Agung Sasongko
Majelis Ulama Indonesia
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Majelis Ulama Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong penguatan masyarakat madani guna mendukung terciptanya kerukunan antarumat beragama.  "Tentu ini (pembangunan masyarakat madani) kerja bersama di antara ormas Islam. Pembangunan ini akan terus didorong MUI," ujar Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia Nadjamuddin Ramly dalam konferensi pers di Kantor MUI Pusat, Ahad (1/11).

Pernyataan Nadjamuddin menyikapi pandangan mengenai pentingnya membangun masyarakat madani dalam mencegah konflik antarumat beragama. Nadjamuddin mengakui hal itu menjadi unsur yang perlu diperhatikan dalam membangun kekuatan bangsa. "Jika ingin melawan Amerika ya imtak dan iptek kita harus kuat," ujarnya.

Nadjamuddin menyatakan, ormas Islam di Indonesia telah berupaya membangun masyarakat madani. Meski, ia akui hal itu masih harus terus digalakkan.

Selain itu, MUI juga menyampaikan pernyataan mengenai permasalahan pembangunan masjid di Manokwari, Papua Barat. Dalam salah satu poin rekomendasinya, MUI meminta ormas Islam membangun sinergitas demi izzul Islam wal muslimin atau kejayaan Islam dan umat.

Terkait permasalahan pembangunan masjid di Manokwari, Nadjamuddin meminta penegak hukum menjalankan fungsi pencegahan konflik. "Penegak hukum untuk lebih bekerja terutama menyikapi persoalan ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement