Ahad 13 Sep 2015 18:42 WIB

Tim Falakiyah JIC Lakukan Rukyatul Hilal di Kepulauan Seribu

Tim Falakiyah JIC berada di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta,  Ahad (13/9) sore, untuk melakukan rukyatul hilal awal bulan Dzulhijjah 1436 H.
Foto: Dok JIC
Tim Falakiyah JIC berada di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta, Ahad (13/9) sore, untuk melakukan rukyatul hilal awal bulan Dzulhijjah 1436 H.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Falakiyah Jakarta Islamic Center (JIC) melakukan rukyatul hilal di Pulau Karya, Kepulauan Seribu, Jakarta,  Ahad (13/9) sore.

“Rukyatul hilal itu bertujuan untuk penetapan awal bulan Dzulhijjah 1436H,” kata  Kepala Divisi Pengkajian dan Pendidikan Jakarta Islamic Center (JIC)  H Rakhmad Zailani Kiki  SAg  MM kepada Republikam, Ahad (13/9) petang.

Lelaki yang akrab dipanggil Kiki itu  merupakan pelapor yang telah masuk dalam SK Menteri Agama RI untuk penetapan awal bulan Dzulhijjah 1436 H. “Dalam melakukan rukyatul hilal di Pulau Karya, Kepulauan Seribu,  Tim Falakiyah JIC berada dalam koordinasi Kementerian Agama RI,” ujar Kiki.

Kiki  menambahkan, menurut data ephimeris, bulan pada ketinggian 0 derajat, 36 menit, 52 detik. Dari Pulau Karya, azimuth bulan 272 derajat, 25 menit, 00 detik. Dan azimuth matahari 23 derajat, 45 menit,02 detik.

 

“Dari hasil rukyatul hilal Tim Falakiyah JIC saat matahari terbenam pukul 17.52 WIB hilal tidak nampak. Hasil rukyatul hilal ini kemudian dilaporkan kepada Panitia Sidang Itsbat di Kementerian Agama RI,” ujar Kiki.

 

Kiki menambahkan, kegiatan rukyatul hilal yang dilakukan oleh Tim Falakiyah Jakarta Islamic Centre (JIC) sudah dilakukan sebelumnya. Yakni,  untuk penentuan awal bulan Ramadhan 1436H,  dan awal bulan Syawal 1436H.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement