Ahad 13 Sep 2015 15:14 WIB

LPTQ Papua Diminta Kreatif Tingkatkan Baca Tulis Alquran

membaca Alquran (ilustrasi)
Foto: PPPA Daarul quran
membaca Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK -- Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabyupaten Biak Numfor, Papua, sebagai organisasi semi pemerintah dituntut lebih kreatif dalam meningkatkan program pembinaan baca tulis Alqur'an di kalangan anak-anak Muslim.

"Eksistensi LPTQ semakin hari telah memberikan kontribusi nyata dalam memasyaratkan baca tulis Alqur'an. Ya peran ini terus ditingkatkan supaya anak-anak muslim Indonesia memiliki minat baca tulis Alqur'an," ungkap Asisten III Sekda Abdul Kahar mewakili Bupati Thomas Ondy saat membuka musyawarah daerah LPTQ, di Biak, Ahad (13/9).

Ia mengakui, kegiatan mengajar baca tulis Alqur'an harus tumbuh di kalangan generasi muda muslim sehingga dapat menjadi anak Indonesia yang berkarakter, cerdas, beriman dan bertakwa serta mempunyai kualitas dalam hal baca tulis Alqur'an.

LPTQ sebagai mitra kerja pemerintah, menurut Abdul Kahar, diharapkan terus menjalin koordinasi kerja sehingga setiap program yang akan dibuat dapat menjawab kebutuhan anak-anak muslim di Kabupaten Biak Numfor.

"Siapapun yang terpilih menjadi ketua umum LPTQ harus mampu membawa perubahan dalam organisasi serta merangkul semua potensi umat Islam untuk dimasukkan dalam kepengurusan periode 2015-2020," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Asden J. Naiborhu mengharapkan, kepengurusan baru LPTQ bisa bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk pembinaan kualitas membaca tulis Alqur'an bagi anak-anak di Biak NUmfor.

"Peran LPTQ untuk membangun karakter dan mentalitas anak-anak melalui taman pendidikan Alqur'an di setiap masjid dan musholah sangat nyata," katanya.

Ia berharap, keberhasilan LPTQ dalam menyelenggarakan event STQ dan MTQ tingkat kabupaten dan provinsi tahun 2012 diharapkan menjadikan motivasi kerja kepada pengurus yang baru terpilih nanti.

Musyawarah daerah LPTQ 2015 menetapkan Hery Mulyana sebagai Ketua Umum terpilih periode 2015-2020 dengan perolehan suara 14 menyisihkan tiga calon lain masing-masing Iwan Ismulyanto (sembilan suara), Mahasunu (tujuh suara) serta Abdul Kahar (enam suara).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement