Rabu 15 Mar 2017 03:26 WIB

Baca Tulis Alquran di Pagaralam Masuk Eskul SD

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto
Ida Fitriati
Foto: PAGARALAM.GO.ID
Ida Fitriati

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG --- Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel) Ida Fitriati menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwako) Nomor 3 tahun 2016 tentang Baca Tulis Alquran. Mulai tahun ajaran 2016/2017 peraturuan tersebut mulai diterapkan di tingkat sekolah dasar (SD) yang mengharuskan siswanya sudah bisa membaca Alquran.

“Dari kunjungan ke sejumlah sekolah dasar, masih ditemukan sebagian siswanya belum bisa membaca Al Qur’an. Padahal Peraturan Walikota No 3 sudah mulai diterapkan sejak tahun lalu,” kata Ida, kemarin.

Berdasarkan peraturan tersebut wali kota, Ida Fitriati mengimbau, sekolah dasar sederajat yang ada di kota yang terletak 275 km dari Palembang tersebut memasukan kegiatan baca tulis alquran sebagai bagian dari ekstra kurikuler atau eskul sekolah. Kata dia, guru agama agar lebih lebih fokus dalam pengajaran agama, khususnya baca tulis Alquran kepada siswa siswi yang belum sama sekali faham.

Menurutnya, untuk mengerti tajwid bisa diajari menyusul. “Tidak perlu siswa harus khatam Alquran namun yang terpenting siswa bisa membaca huruf Alquran. Apa lagi ujian akhir tinggal beberapa bulan lagi,” ujar Ida Fitriati.

Dia mengingatkan, harus dilakukan pemilihan bagi siswa yang belum bisa sama sekali membaca Alquran sebagai tanggung jawab guru agama di sekolah dan tanggung jawab orang tua siswa di rumah. “Di sekolah tanggung jawab guru agama salah satunya mengajarkan baca tulis Alquran. Seperti mengajarkan membaca huruf abjad latin. Jadi, jangan hanya mengajar ilmu dunia saja, ilmu akhirat juga perlu diajarkan kepada siswa sebagai umat muslim,” kata Ida.

Ida meminta, seluruh SD di daerahnya untuk memberikan pengajaran tentang baca tulis Alquran pada peserta didiknya, sehingga ketika tamat atau lulus dari SD para peserta didik semuanya pandai membaca Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement