Ahad 13 Sep 2015 10:28 WIB

Turki Berencana Hagia Sophia Kembali Dijadikan Masjid

Rep: c33/ Red: Bilal Ramadhan
Hagia Sophia, Istanbul, Turki.
Foto: Wikimedia
Hagia Sophia, Istanbul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTAMBUL – Menteri Kebudayaan sementara Turki Yalcin Topcu mengungkapkan  keinginannya terhadap masa depan  Masjid Hagia Sophia. Ia ingin supaya Masjid bersejarah itu kembali dibuka untuk beribadah umat Muslim.

Saat ini ibadah shalat dilarang di Masjid Hagia Sophia karena alasan lokasi bersejarah yang harus dijaga. Namun Topcu menyampaikan keinginannya supaya umat Muslim bisa shalat di Masjid Hagia Sophia.

”Membuka Masjid Hagia Sophia untuk shalat (bagi Muslim) adalah cita-cita pribadi, ambisi, dan tujuan saya,” ujarnya seperti dilansir dari Hurriyet Daily News.

Meski berniat membukanya kembali, Topcu mengakui sejumlah kendala masih berusaha ia tangani. Menurut dia, masih banyak perdebatan tentang realisasi ambisinya itu. ”Masih ada sejumlah debat terhadap status hukumnya, tapi persoalannya lebih bersifat politik,” katanya.

 

Hagia Sophia yang terletak di Istambul saat ini merupakan museum. Sebelumnya, Hagia Sophia adalah katedral di era kerjaan Roma hingga tahun 1453 ketika akhirnya direbut oleh kerajaan Ottoman. Setelah itu, Hagia Sophia dijadikan masjid.

Mulai 1935, Hagia Sophia dijadikan museum menyusul perubahan kerajaan Ottoman menjadi negara Turki yang sekuler. Topcu memahami Kementeriannya tidak memiliki otoritas untuk merubah fungsi museum menjadi Masjid.

Namun, ia ingin menciptakan “polemik" supaya masyarakat Turki kembali memikirkannya. Menurut dia, pengaruh internasional juga kuat mengingat arti simbolis Hagia Sophia yang sangat kuat.

”Keputusan final akan ditentukan Negara ini, bukan pihak internasional. Sebuah referendum mungkin menjadi solusi paling serius,” katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement