Kamis 20 Aug 2015 16:02 WIB

Masyaallah, Garasi Ini Diubah Menjadi Masjid Allahu Akbar

Rep: c27/ Red: Indah Wulandari
Masjid Allahu Akbar
Foto: onislam
Masjid Allahu Akbar

REPUBLIKA.CO.ID,LONG ISLAND -- Sebuah masjid yang berada di Wyandanch, New York, menjadi tempat ibadah sekaligus pelayanan masyarakat.

Masjid bernama Allahu Akbar sudah berdiri sejak 20 tahun untuk menemani perjalanan Muslim Afrika-Amerika, namun kini akan ditemani oleh sebuah masjid baru yang lebih besar.

Karakteristik masjid Allahu Akbar disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Muslim Afrika-Amerika. Dengan menyulap garasi dua lantai menjadi masjid, bagi mereka itu bukan menjadi alasan untuk tidak melayani kebutuhan masyarakat sekitar.

"Kami mengubah garasi menjadi masjid kami. Kami tidak memiliki ruang untuk Idul Fitri dan kadang-kadang shalat  Jumat,"kata Imam Masjid Al-Amin Abdul Latif dilansir dari OnIslam, Kamis (20/8).

Dengan luas lahan satu hektare, garasi yang disulap menjadi masjid ini akan dilengkapi  dengan rumah imam masjid Al-Amn, taman bermain, dan tempat masjid baru akan dibangun.

Menurut salah satu anggota masyarakat Sabbah Abdul Latif, bahwa pembangunan masjid baru tersebut diperlukan.

"Kami membutuhkan, bangunan yang permanen untuk beribadah dan kami juga harus memberikan citra positif Islam kepada tetangga kita. Ini hasil penantian selama 20 tahun," ujar Sabbah.

Bangunan baru hanya akan didesain berukuran 4.000 meter persegi, untuk menampung beberapa ratus orang.

Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, masjid baru sangat penting untuk menyediakan tempat yang nyaman bagi umat Islam di Wyandanch untuk beribadah, terlibat dalam kegiatan pembangunan masyarakat, dan menumbuhkan rasa persaudaraan dalam Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement