Rabu 19 Aug 2015 06:40 WIB

Ibu Kota Uzbekistan Bangun Masjid Terbesar di Asia Tengah

Rep: C27/ Red: Ilham
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat
Foto: asianews.it
Muslim Uzbekistan tengah menjalankan shalat

REPUBLIKA.CO.ID, TASHKENT --  Masjid baru di Ibu Kota Uzbekistan akan segera dibangun. Perencanaan masjid ini dilakukan setelah setahun peresmian masjid kecil di Tashkent.

Islam mulai memiliki pengikut di pelbagai negara tersebut. Meski masih menjadi minoritas, keberadaan masjid sebagai tempat ibadah umat Muslim sangat dibutuhkan. Apalagi, jika di negara tersebut umat Muslim menjadi penduduk mayoritas, maka keberadaan masjid lebih besar sangat diperlukan.

Menilik hal tersebut, masjid baru di daerah Mirza Oluqbeig tersebut akan dibangun lebih besar untuk menanpung jumlah jamaah. Jika masjid sebelumnya hanya dapat menampung 2 ribu jamaah. Masjid baru ini dirancang dapat menampung hingga 2.400 orang.

Masjid ini akan menjadi salah satu masjid terbesar di negara Asia Tengah. Kepengurusan masjid akan ditangani oleh Muslim Dewan Uzbekistan (MBU). MBU akan bertugas mengawasi operasi masjid, pengajaran agama, ulama Muslim, dan kristenisasi Muslim di samping kegiatan Islam lainnya di Uzbekistan.

Dilansir dari Irna.ir, Rabu (19/8), Islam merupakan agama mayoritas yang dipeluk oleh warga Uzbekistan. Sebanyak 90 persen dari populasi warga Uzbekistan merupakan Muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement