Senin 01 Jun 2015 15:58 WIB

Sebelum Diterima Kerja, Muslim Australia Sudah Alami Diskriminasi

Rep: c38/ Red: Agung Sasongko
Pemuka Muslim Australia (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Pemuka Muslim Australia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Pengamat menilai, cara pengusaha Australia memilih calon berdasarkan pada apakah mereka memiliki nama asing atau tidak paling berdampak pada Muslim.

Kepada The Australian, seorang professor mengatakan, adanya bukti diskriminasi agama dan hasil penelitian yang menunjukkan bias terhadap nama-nama asing pada aplikasi pekerjaan, khususnya nama Timur Tengah.

Direktur The International Centre for Muslim and non-Muslim Understanding, Riaz Hassa mengatakan, sensus 2011 mengungkapkan sebanyak 7,4 persen Muslim kelompok kerja usia produktif (25-44 tahun) menganggur, dibandingkan dengan 3,8 persen pengangguran untuk masyarakat umum.

“Ada diskriminasi yang jelas-jelas dilembagakan di pasar tenaga kerja di Australia,” kata Professor Hassan, dilansir dari muslimvillage.com, Senin (1/6).

Hassan juga mengutip sebuah studi yang dilakukan ekonom Australian National University. Ekonom itu mengirimkan 4000 aplikasi kerja palsu dan mengukur tingkat keterpanggilannya berdasarkan ras. Hasilnya, orang dengan nama Anglo-Saxon memiliki tingkat keterpanggilan lebih tinggi secara signifikan, sementara orang dengan nama Timur Tengah memiliki tingkat terendah.

Seorang wanita Muslim ditempatkan di posisi junior ketika menggunakan nama sebenarnya. Ketika dia melamar kembali dengan nama Anglo-Saxon, dia menerima panggilan dalam 30 menit. Statistik dari sensus tahun 2011 untuk tingkat kelulusan sekolah dan kualifikasi universitas juga tidak mencerminkan angka tenaga kerja Muslim.

Muslim laki-laki memiliki tingkat kelulusan sekolah dasar sampai menengah sebanyak 45 persen dibandingkan 37 persen populasi umum, sementara tingkat kelulusan universitas 17,9 persen dari 13,9 populasi Australia. Namun, di kelompok usia produktif, hanya ada 54 persen populasi muslim dibandingkan 78,4 persen dari populasi umum.

Prof. Terence Lovat dari University of Newcastle, yang memimpin penelitian tahun 2011 tentang pengalaman tenaga kerja Muslim, sepakat bahwa komunitas Muslim mengalami diskriminasi agama.

http://muslimvillage.com/2015/05/30/82191/australia-muslims-face-employment-discrimination/

--

Kabul Astuti

Faculty of Cultural Sciences

Gadjah Mada University

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement