Senin 11 May 2015 16:22 WIB

Di Bogor, 50 Persen Madrasah Swasta Statusnya Perlu Ditingkatkan.

Rep: c94/ Red: Agung Sasongko
Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)
Foto: Antara
Kini makin banyak madrasah yang memiliki keunggulan dan mampu menjadi alternatif pendidikan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah melalui Kementerian Agama meminta pengelola madrasah swasta untuk memberikan informasi yang akurat. Informasi yang dimaksud termasuk foto fasilitas madrasah.

Kepala Bidang Madrasah Kantor Agama Kota Bogor, Ade Sarmili mengungkap ada dua kesempatan pihak madrasah swasta untuk menunjukan foto sarana dan prasarana. Foto itu selanjutnya akan menjadi data guna sebagai bahan pertimbangan terhadap kebijakan program dan kegiatan madrasah tersebut. "Namun, pihak madrasah acapkali salah memfoto," kata dia, Senin (11/5)

Kesalahan itu, lanjutnya, membuat pemerintah pusat sulit membuat desain kebijakannya akibat madrasah itu kurang tepat dan bagus dalam melaporkannya. Menurutnya, keadaan madrasah saat ini berada di bawah sekolah IT. Hal itu terlihat dari fasilitas dan sarana yang belum memadai pada aspek kelayakan umum.

"Sehingga perlu dipilih madrasah yang harus ditingkatkan. Di sini 50 persen madrasah perlu ditingkatkan status agar dapat memadai, Ini harus jadi perhatian pemerintah,"kata Ade.

 

Melalui peningkatan status ini, harapnya, membuat masyarakat menjadikannya sebagai pilihan kedua setelah sekolah Islam Terpadu (IT) atau negeri. "Itu karena madrasah tidak memiliki pilihan fasilitas yang bagus, padahal di samping sekolah IT itu ada madrasah,"ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement