Sabtu 04 Apr 2015 11:57 WIB

Peserta Tilawatil Alquran di Biak Numfor Meningkat

Tilawatil Quran
Foto: republika
Tilawatil Quran

REPUBLIKA.CO.ID,BIAK -- Jumlah kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIII tingkat Kabupaten Biak Numfor, Papua yang berlangsung 4-6 April 2015 meningkat hingga 30 persen dibandingkan dengan kegiatan serupa pada 2013.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilwatil Quran (LPTQ) Kabupaten Buak Numfor Muhammad Darumi di Biak, Sabtu, mengatakan peningkatan peserta STQ 2015 untuk tiga cabang lomba yang dipertandingkan, yakni tilawah anak dan dewasa, hafalan Quran satu zuz, serta fahmil Quran mencapai 98 peserta.

"LPTQ sangat berharap ajang STQ bisa mencetak kader-kader qori dan qoriah serta hafidz serta tim fahmil Quran untuk mewakili Biak di ajang provinsi dan nasional," katanya, Sabtu (4/4).

Ia merinci peserta STQ tercatat 29 orang tingkat anak-anak, 28 qori dan qoriah, tilawasa dewasa qori sembilan, qoriah tiga peserta, serta lomba Fahmil Quran 16 regu dari berbagai perwakilan dan sekolah.

Menyinggung dukungan anggaran penyelenggaraan STQ 2015, menurut Darumi, telah mendapat bantuan hibah organisasi dari pemkab mencapai di atas Rp100 juta.

Pemanfaatan dana hibah pemkab, katanya, untuk kegiatan STQ tingkat Kabupaten Biak Numfor 4-6 April, pengiriman kafilah ke STQ Provinsi Papua pada 24 April 2015 yang berlangsung di Jayapura.

"Kegiatan lain pendanaan hibah LPTQ dimanfaatkan untuk membantu pengembangan Taman Pengajian Quran di Biak sekitarnya," kata mantan Kepala Distrik Biak Utara itu.

Berdasarkan data pada STQ tingkat Provinsi Papua 2013, qoriah STQ Biak Numfor Jumrawati meraih juara pertama tingkat Provinsi Papua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement