Rabu 01 Apr 2015 13:36 WIB

Dewan Dakwah Jakarta Gelar Safari Dakwah Seribu Pulau

suasana dakwah yang digelar dewan dakwah dki jakarta di pulau seribu
Foto: dok. dewan dakwah dki jakarta
suasana dakwah yang digelar dewan dakwah dki jakarta di pulau seribu

REPUBLIKA.CO.ID, PULAU SERIBU -- Selama dua hari, Senin-Selasa, (30-31/3), Dewan Dakwah DKI Jakarta mengadakan safari dakwah ke gugusan pulau di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu.

Tim dakwah yang dipimpin Ketua Dewan Dakwah DKI Jakarta Ustaz Hayat Setiawan Husein ini terdiri tujuh orang dengan berbagai bidang keahlian.

Di Pulau Kelapa, tim mengadakan pelatihan mengurus jenazah sesuai syariat Islam. Pelatihan diselenggarakan Senin siang di Masjid Al Falah Kelurahan Kelapa. Sebanyak 50 orang dari Pulau Kelapa dan Kelapa 2  mengikuti acara ini.

Pada pembukaan pelatihan, Ketua KUA Kepulauan Seribu Utara Maman Taufiqurahman mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi warganya. Sebab, mengurus jenazah sampai tuntas adalah kewajiban kifayah sekaligus kebutuhan yang mendesak bagi warga pulau.

Namun, hanya satu-dua orang yang bisa melaksanakannya dengan baik. ‘’Sangat sedikit orang yang memenuhi syarat dan bisa mengurus jenazah sesuai syariat Islam,’’ kata Maman menjelaskan.

Ustaz Hayat Setiawan mengatakan, sebetulnya mengurus jenazah sesuai syariat Islam tidak begitu sulit. ‘’Yang membuat rumit karena tata caranya bercampur dengan adat-istiadat,’’ katanya.

Oleh karena itu, fardhu kifayah ini harus dilaksanakan sesuai syariat Islam saja. ‘’Jangan ditambah-tambahi dengan prosedur yang tidak ada dasar hukumnya,’’ kata Ustaz Hayat menerangkan.

Dengan antusias peserta mengikuti teori dan praktek mengurus jenazah yang disampaikan Ustaz Mihad dan Agung.

Beberapa hal yang menjadi pemahaman baru bagi peserta misalnya posisi kepala mayit saat hendak dishalatkan. ‘’Kebiasaan masyarakat di sini, posisi kepala mayit di arah Selatan. Ternyata seharusnya di sebelah kanan ya,’’ kata Sulaiman.

Peserta yang terdiri kaum pria dan wanita juga baru faham dengan adab dan do’a shalat jenazah, ketika masuk dan berada di pekuburan, serta syarat memandikan dan menguburkan jenazah.

‘’Alhamdulillah, kalau ilmu pelatihan ini kita terapkan bersama-sama, akan sangat membantu pekerjaan saya,’’ kata Saufa, Kepala Seksi Pemakaman pada Kantor Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Senin ba’da Isya, Ustaz Hayat didaulat berceramah dalam tabligh akbar di Masjid Al Falah yang sedang dalam proses renovasi. Ratusan warga dari sekitar 6000 penduduk Kelurahan Kelapa mengikuti tabligh akbar tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement