Senin 02 Mar 2015 19:32 WIB

Organisasi Kepemudaan Islam Bisa Jadi Alat Kontrol Timbulnya Begal

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Maraknya begal ditengarai karena banyak masyarakat usia produktif yang tak tertampung dalam lapangan kerja. Organisasi kepemudaan Islam berperan penting untuk memberi pengaruh positif pada kelompok tersebut.

"Tugas organisasi kepemudaan, melakukan kontrol kepada para pemuda. Makanya pemuda yang ikut organisasi baik IPNU, maupun Ikatan Pelajar Muhammadiyah memiliki lingkungan pergaulan positif sehingga mereka tidak mungkin jadi begal," ujar Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Khairul Anam, Senin (2/3).

Maka, ujarnya, pemuda perlu mendapatkan pembinaan baik dari orangtua maupun organisasi kepemudaan. Sebab pada masa muda ini mereka mencari jati diri.

"Pembentukan karakter, mental para pemuda harus mendapatkan pendampingan baik dari sekolah dan  lingkungan. Peran orang tua dalam membentuk anaknya sangat utama karena mereka yang menghabiskan waktu paling banyak bersama anaknya," jelasnya.

Orangtua, lanjut Khairul, harus lebih meluangkan banyak waktu untuk mendidik dan mengawasi anak-anaknya. Jangan anak dibiarkan saja malah orangtua sibuk sendiri sebab mereka butuh bimbingan agar tidak tersesat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement