Selasa 18 Nov 2014 16:25 WIB

Kemenag Evaluasi Penyelenggaraan Haji, Ini Fokus Pembahasannya

Rep: c60/ Red: Agung Sasongko
Jamaah haji melakukan sujud syukur saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (5/11). (Republika/Tahta Aidilla)
Jamaah haji melakukan sujud syukur saat tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (5/11). (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama melaksanakan evaluasi penyelenggaraan haji tahun 1435 Hijriyah. Evaluasi ini meliputi seluruh stake holder penyelengara haji.

Hadir dalam acara ini Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag, Kementerian Luar Negeri, kementerian kesehatan, pihak penerbangan Garuda Airlines, Komisi VIII DPR RI, dan stake holder lain.

Rapat evaluasi ini dihadiri dan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin. Dalam sambutannya lukman mengharap evaluasi ini akan melahirkan sistem pelayanan haji yang lebih baik di tahun mendatang.

“Seluruh evaluasi nanti haruslah bermuara pada perbaikan tindak lanjut penyelenggaraan haji yang akan datang,” ujar Lukman dalam sambutannya, di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (18/11).

Dia berharap agar perserta evaluasi menemukan jalan keluar dari persoalan-persoalan haji yang ditemukan di lapangan selama penyelengraan haji. “Agar penyelengraan ibadah haji dari waktu ke waktu lebih baik,” kata dia.

Dia mengingatkan, bahwa evaluasi bukan bertujuan mencari-cari kesalahan masing-masing stake holder. Namun lebih merupakan upaya memperbaiki penyelengaraan haji.

“Sehingga semua harus open mind, legowo dalam menerima masukan yang kritis. Sebab saya yakin semuanya yan dilandasi semangat untuk memperbaiki penyelenggaan ibadah haji,” ujar Lukman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement