Selasa 28 Oct 2014 15:49 WIB

Hukum Ucapan Selamat Tahun Baru Hijriah (1)

Para ulama berbeda pendapat soal ucapan selamat tahun baru Islam.
Foto: Hizb.org.uk/ca
Para ulama berbeda pendapat soal ucapan selamat tahun baru Islam.

Oleh: Hannan Putra      

Beberapa kaum Muslim merayakan pergantian tahun baru Masehi dengan begitu megah dan meriah. Sementara, pergantian tahun baru Islam berlangsung lesu.

Jangankan dirayakan, tak sedikit kaum Muslim yang tahu kapankah pergantian tahun Hijriah akan bergulir. Kebanggaan memiliki sistem penanggalan sendiri pun masih belum terpatri di dada kaum Muslim. Terlebih untuk mengucapkan selamat tahun baru Islam saja masih ada perselisihan di antara para ulama.

Mengenai hal ini, ada dua pendapat ulama yang berbeda. Kalangan ulama yang melarang mengucapkan tahni'ah (ucapan selamat) tahun baru berasal dari ulama-ulama Arab Saudi. Seperti Muhammad bin Shalih al-Utsaimin. Dalam fatwanya, ia melarang untuk mengucapkan selamat tahun baru.

Namun, jika ada yang mengucapkan selamat tahun baru kepadanya, tidak mengapa untuk membalasnya dengan ucapan selamat pula. "Jika seseorang mengucapkan selamat, maka jawablah. Akan tetapi, jangan kita yang memulai," bunyi fatwanya dalam Mausu’ah al-Liqa asy-Syahri.

Menurut Utsaimin, jawaban untuk ucapan selamat tahun baru tidak dibalas dengan selamat tahun baru pula, tapi cukup dengan ucapan "Semoga Allah jadikan kebaikan dan keberkahan di tahun ini kepada Anda."

Ia mengatakan, tidak ada atsar dari salaf yang bisa dijadikan dalil untuk mengucapkan selamat tahun baru. Hanya selamat hari raya Idul Adha dan Idul Fitri yang ada atsarnya. Bahkan, menurutnya, tanggal 1 Muharram baru ditetapkan sebagai awal tahun baru ketika zaman Umar bin Khattab RA.

Utsaimin berdalil dengan ucapan Imam Ahmad yang mengatakan, "Saya tidak akan memulai memberi ucapan selamat. Tapi, jika ada orang yang memulai memberikan ucapan selamat, akan saya jawab. Karena, menjawab ucapan selamat hukumnya wajib."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement