Senin 06 Oct 2014 09:01 WIB

Palembang Tunda Pemotongan Hewan Kurban, Karena Tenaga Profesional Terbatas?

Hewan kurban
Foto: Antara
Hewan kurban

REPUBLIKA.CO.ID,PALEMBANG--Tenaga pemotongan dan menguliti hewan kurban di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan terbatas, sehingga warga dan pengurus masjid setempat menunda pelaksanaan pemotongan hewan kurban hingga beberapa hari ini.

Sejumlah warga dan pengurus masjid di Kota Palembang, Senin (6/10), mengatakan, ketiadaan tenaga pemotong hewan kurban yang profesional bersamaan pearayaan Idul Kurban pada hari Minggu (5/10), mengingat tukang potong/jagal yang biasa membantu selama ini fokus mengurus pemotongan hewan kurban di masjid-masjid.

Hasab Basri, salah seorang warga mengatakan, harus menunda pelaksanaan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha 10 Zulhijah 1435 Hijriah/2014 Masehi ini dan melaksanakannya pada Senin, karena tukang potong sapi dan kambing yang biasa membantu selama ini harus membantu pemotongan di masjid yang memerlukan banyak petugas karena jumlah hewan kurban yang dipotong mengalami peningkatan.

"Petugas pemotong hewan sibuk semua, hampir setiap masjid dan permukiman di sini melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban pada Idul Adha ini," ujar warga yang sudah empat tahun terakhir ini rutin melakukan kurban.

Biasanya petugas pemotong hewan yang biasa membantunya setelah melaksanakan tugas pemotongan di masjid, sekitar pukul 13.00 WIB datang ke rumahnya untuk membantu penyembelihan sekaligus membagikan daging kurban itu kepada warga yang berhak.

Pemotongan hewan kurban tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, agar pelaksanaannya tetap berjalan baik sebagaimana tahun-tahun sebelumnya sehingga tidak menjadi persoalan menunda satu hari agar bisa dikerjakan petugas yang ahli menyembelih, menguliti dan memotong daging sapi dan kambing untuk kurban ini, ujarnya lagi.

Kegiatan pemotongan hewan kurban di sejumlah masjid di Palembang juga ditunda sehari, karena keterbatasan petugas pemotong hewan kurban itu.

Salah seorang pengurus masjid di kawasan Perumnas Kenten Sako Palembang, Irwansyah mengatakan, pemotongan hewan kurban berupa tiga ekor sapi dan lima ekor kambing baru bisa dilaksanakan pada Senin ini, karena keterbatasan tenaga pemotong hewan kurban.

Pemotongan hewan kurban siap dilakukan hari ini, dan pengurus masjid telah membagikan kupon untuk pengambilan daging hewan kurban pada pukul 13.00--16.00 WIB, kata pengurus masjid itu pula.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement