Rabu 24 Sep 2014 09:23 WIB

Sedekah Ikan, Cara Unik Dompet Dhuafa Berdayakan Warga (1)

Rep: sonia fitri/ Red: Damanhuri Zuhri
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID,  SERANG -- Dompet Dhuafa (DD) kembali menerapkan strategi unik dalam mengalokasikan dana umat di bidang pemberdayaan masyarakat agar tepat sasaran. Kali ini, caranya dengan meluncurkan program Sedekah Ikan.

Program yang kali pertama digagas DD cabang Banten ini memiliki tujuan utama edukasi kepada masyarakat bersedekah adalah ajaran agama Islam yang sangat mudah dilakukan. Peluncuran perdana program berlangsung di Pesantren Istana Mulia, Cinangka, Kabupaten Serang akhir pekan lalu.

Abdurrahman Usman, Pimpinan Cabang DD Banten mengatakan, ide Sedekah Ikan muncul dari pengalaman para amil DD Banten yang dari rumah ke rumah menyalurkan donasi titipan dari donatur kepada para mustahik.

“Dalam perjalanan menyalurkan donasi itu, para amil melihat berbagai fenomena kemiskinan secara langsung, bahkan terdapat di lembaga pendidikan seperti pesantren,” katanya. Para santri di pondok pesantren tersebut, lanjut dia, masih kurang mendapatkan asupan gizi seperti protein.

Dijelaskannya, pada tahap pertama program Sedekah Ikan, DD menebar sekitar 70 kilogram bibit ikan di beberapa kolam di Pesantren Istana Mulia yang diwakili Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini, Pimpinan Pesantren Istana Mulia Ayi Muzzaini, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Serang Jazuli Mukri, dan disaksikan tokoh masyarakat.

Diharapkan, program Sedekah Ikan juga dapat menjadi media pembelajaran kepada satri untuk memupuk semangat entrepreneurship.

Sebab pada kolam-kolam yang ditebar bibit ikan, nantinya para santrilah yang akan mengelola dan bertanggung jawab terhadap perkembangan ikan-ikan dalam kolam. “Di sini mereka akan langsung praktik seperti apa yang namanya berlomba-lomba dalam kebaikan itu,” papar Usman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement