Senin 08 Sep 2014 05:53 WIB

Masjid di Bashkortostan Terus Bertambah

Masjid di Rusia/ilustrasi
Foto: russia-ic.com
Masjid di Rusia/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Fuji Pratiwi

Republik Bashkortostan kembali memiliki sebuah masjid yang terletak di pusat Distrik Baymakskiy, tepatnya di Desa Yarmuhametova.

Islam.ru, Selasa (19/8), melansir, pembukaan masjid ini dihadiri wakil ketua Dewan Mufti Rusia, Kepala Dewan Agama Bashkortostan Mufti Nurmuhamet Nigmatullin, dan beberapa tokoh Muslim di wilayah Distrik Baymakskiy.

Pada 8 Oktober 2013, sebuah masjid juga berdiri di Kota Ufa, Distrik Demski, ibu kota Bashkortostan. Pembukaan ini bersamaan dengan perayaan 225 tahun Dewan Agama Islam Sentral Rusia.

Tokoh-tokoh Islam dari Timur Tengah hadir dalam konferensi bertajuk Islam and the State in Russia sebagai puncak perayaan dua abad organisasi tersebut.

Hadir pula Presiden Rusia Vladimir Putin di acara puncak yang berlangsung pada 21-23 Oktober tersebut. Dalam pidatonya, ia menegaskan Islam sebagai bagian integral dari Rusia.

Sebelumnya, pada 21 Oktober 2013, sebuah masjid juga berdiri di Desa Abdulovo, Distrik Kuyurgazinskii. Bangunan masjid pada mulanya merupakan balai desa yang kemudian diberikan kepada komunitas Muslim.

Berkat donasi dari pengusaha lokal dan warga desa, bangunan tersebut berhasil disulap menjadi masjid. Renovasi sendiri dimulai sejak 1 September dan tak  memakan banyak waktu lantaran sedikit bagian yang diubah. Ketika Idul Adha tahun lalu, masjid ini telah beroperasi.

Pada akhir Januari 2014, Kepala Dewan Hubungan Agama Republik Bashkortostan Vyacheslav Pyatkov pernah mengungkapkan, sepanjang 2013 sudah ada 46 masjid dan tiga gereja ortodoks berdiri di Bashkortostan. Pertimbangan izin pendirian rumah ibadah didasarkan pada opini masyarakat sekitar dan dewan agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement