Senin 18 Aug 2014 12:06 WIB

DD Operasikan Rumah Sehat (1)

Rep: c78/ Red: Damanhuri Zuhri
 Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi, meresmikan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST-DD), Rabu (4/7) lalu.
Foto: http://www.dompetdhuafa.org
Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa, Parni Hadi, meresmikan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST-DD), Rabu (4/7) lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dana umat yang berasal dari zakat, infak, sedekah, dan wakaf harus dikembalikan kepada umat sebagaimana ketetapan Alquran terhadap delapan golongan orang yang berhak menerimanya.

Terkait hal ini, lembaga pengumpul dan penyalur zakat Dompet Dhuafa berusaha membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dhuafa di bidang kesehatan dengan membangun Rumah Sehat Terpadu (RST).

"Sebagai rumah sakit nonprofit, berlangsungnya proses layanan pembedahan di kamar operasi RST tidak terlepas dari donasi para donatur," ujar Koordinator ICU and OK RST Dompet Dhuafa dr Ana dalam siaran pers kepada Republika, Rabu (13/8).

Berkat bantuan dana dari donatur, ungkap Ana, Mei 2014 RST Dompet Dhuafa dapat melaksanakan operasi bedah tulang untuk empat pasien dengan hasil yang baik. Bantuan donasi tersebut digunakan untuk menyewa alat operasi yang biayanya cukup besar.

Ia mengatakan, praktik operasi di RST dimulai pada Desember 2012 dan masih berlangsung hingga kini. Dalam rentang waktu tersebut, tercatat sudah 655 pasien telah mendapatkan layanan pembedahan di kamar operasi RST Dompet Dhuafa.

Operasi bedah tulang menjadi operasi yang paling sering dilakukan dengan kisaran 20-30 pasien per bulan. Disusul kemudian, operasi bedah umum dengan kisaran 10-15 pasien per bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement