Selasa 22 Jul 2014 14:44 WIB

Berwakaf Sarana Air Bersih di Doro Oromboha

Kawasan kaki Gunung Doro Oromboha.
Foto: Dok BWA
Kawasan kaki Gunung Doro Oromboha.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah melakukan survei melihat potensi air yang ada di kaki gunung Doro Oromboha, Badan Wakaf Alquran (BWA) pun langsung membuat rencana desain teknis pipanisasi air untuk empat desa dan satu dusun di wilayah ini.

“Dengan tipologi daerah yang berbukit dan cenderung menurun, maka sistem distribusi yang digunakan akan memanfaatkan gaya gravitasi,” ungkap Darminto, penanggung jawab project wakaf sarana air bersih BWA, beberapa waktu lalu.

Sumber mata air berada di ketinggiaan 990 meter di atas permukaan air laut (dpl). Sedangkan desa tertinggi (Bumi Pajo) ketinggiannya adalah 621 meter dpl, Desa Ndano ‘Nae 550 meter, Rora kecil 350 meter, Rora besar 305 meter, Dusun Karaku 265 meter, dan desa terendah (Madawau) hanya 300 meter dpl.

Untuk mendistribusikan air yang menggunakan sistem gravitasi menuju Desa Rora besar dan Dusun Karaku diprediksikan tidak ada kendala karena tipologi datarannya yang menurun sehingga sangat mendukung untuk mengalirkan air sampai ke Karaku.

Namun untuk mengalirkan air ke Desa Madawau tidak bisa mengambil air dari desa terdekat (Rora besar) karena ketingginya hampir sama. Oleh karena itu, air untuk Madawau akan diambil langsung pipanisasi dari Rora kecil.

Pipa yang akan digunakan untuk mengalirkan air dari mata air ke bak utama di desa Bumi Pajo menggunakan pipa HDPE dengan diameter tiga inci sepanjang 2,5 kilometer dan dilanjutkan secara bertahap dialirkan ke bak utama di masing-masing desa dengan pipa HDPE diameter 2 inchi yang membutuhkan pipa  sepanjang 15 km.

HDPE dipilih karena kekuatan dan kelenturan serta kemudahan dan proses pemasangannya sehingga diharapkan pekerjaan akan cepat selesai.

Di setiap desa akan dibuat bak utama sebagai penampung air. Lalu air dialirkan ke bak distribusi di masing-masing desa.

Selanjutnya, dialirkan ke bak pembagi rumah. Dari bak pembagi rumah inilah warga dapat mengambil air sampai ke rumah mereka. “Dengan cara tersebut, diharap warga tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih,” ungkap Darminto.

Oleh karena itu, BWA mengajak kaum Muslimin mendonasikan sebagian hartanya untuk mensukseskan proyek wakaf sarana air bersih ini. Karena pahala akan terus mengalir kepada wakif (Muslim yang berwakaf) dari setiap tetes air yang dinikmati warga. “Ramadhan akan segera berlalu, Ayo tinggalkan jejak amal ibadah Anda dengan berwakaf. Kunjungi www.wakafquran.org!” demikian imbauan BWA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement