Selasa 03 Jun 2014 22:56 WIB

Bebas Visa Antarnegara OKI Tingkatkan Jumlah Wisatawan Muslim

Rep: Ichsan Emrald Alamsyah/ Red: Agung Sasongko
Organisasi Kerjasama Islam.
Foto: Wikimedia
Organisasi Kerjasama Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Komisioner Muna Tour, Endy M Astiwara, mengungkap pembebasan visa antar negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) adalah hal penting. Langkah tersebut ia yakini akan meningkatkan jumlah wisatawan khususnya muslim secara signifikan.

Hanya saja banyak negara telah memberlakukan Visa on Arrival (VoA) bagi wisatawan. Langkah ini juga salah satu cara memberi kemudahan bagi wisatawan muslim. ''Saat ini malah ada yang dapat menggunakan kartu kredit,'' ucap dia kepada Republika, Selasa (3/6).

Salah satu negara yang berhasil membangun kemudahan visa dan konektivitas antar negara adalah Malaysia. Hanya saja di luar itu, menurut dia yang juga anggota Dewan Syariah Nasional MUI, Malaysia membangun imej melalui pelayanan dan kemudahan.

Ketika berada di bandara, wisatawan mudah mendapat informasi ke lokasi wisata, termasuk hotel dan restoran yang telah memiliki sertifikat halal. Selain itu tidak ada pungutan liar atau calo yang berkeliaran di sekitar bandara. Sehingga ketika wisatawan menaiki taksi, mereka tak takut ditipu.

''Budaya ini yang harus kita bangun, bukan saja kemudahan,'' ucap dia tegas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement