Selasa 03 Jun 2014 18:00 WIB

NTB Tuan Rumah MTQ 2016

Salah satu pelaksanaan MTQ di Indonesia.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Salah satu pelaksanaan MTQ di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM – Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dipercayakan Kementerian Agama sebagai tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional, pada 2016.

"Perlu saya sampaikan pada kesempatan ini, daerah kita NTB mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat nasional ke-27 pada 2016," kata Wakil Gubernur NTB H Muh Amin di Mataram, Selasa (3/6).

Amin mengatakan, kesempatan dan kepercayaan menjadi tuan rumah MTQ Nasional 2016 harus sukses sehingga perlu dipersiapkan sejak dini.

"Kita persiapkan sebaik mungkin dan kita manfaatkan sebaik mungkin untuk mengukir prestasi dan mengharumkan nama daerah NTB," ujarnya.

Penyelenggaraan MTQ merupakan ajang syiar Islam yang telah berlangsung selama bertahun-tahun, yang dimulai di level kabupaten/kota, kemudian provinsi hingga tingkat nasional dan internasional.

Pada 28 April 2014, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi mengajukan usulan menjadi tuan rumah MTQ nasional pada 2016.

Usulan itu disampaikan secara langsung kepada Menteri Agama Suryadharma Ali, dalam pertemuan silaturahim di Kantor Kementerian Agama di Jakarta.

Usulan menjadi tuan rumah MTQ XXVI pada 2016 itu antara lain didasarkan pada pengalaman NTB menjadi tuan rumah kegiatan serupa pada 1973 atau 41 silam.

Selain itu, pembangunan Islamic Center di jantung Kota Mataram, ibukota Provinsi NTB, diyakini dapat dirampungkan pada 2015 sehingga akan dapat mendukung terselenggaranya MTQ 2016.

Terkait permintaan dan harapan Gubernur NTB itu, Surdyadharma Ali langsung menyetujuinya, dan persetujuan itu akan disampaikan secara tertulis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement