Kamis 08 May 2014 21:04 WIB

Dompet Dhuafa Siap Tugaskan 15 Dai ke Luar Negeri

Rep: Hannan Putra/ Red: Agung Sasongko
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa siap mengirim 15 dai ke negara-negara yang warganya minoritas beragama Islam. Ada 12 negara yang ditujuan para dai tersebut, yakni Amerika Serikat, Inggris, Belanda, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, Cina, Australia, Selandia Baru dan Timor Leste.

Sebelum berangkat, para dai yang tergabung dalam Corps Dai Dompet Dhuafa (Cordofa) ini menjalani orientasi dan pelatihan selama sepekan, mulai Senin hingga Sabtu (5-10 Mei) di Balai Diklat PU, Lebak Bulus Jakarta Selatan.  “Selama sepekan pelatihan mereka akan mendapatkan berbagai macam materi sebagai bekal sebelum mereka ditempatkan,” kata Manajer Cordofa Ahmad Fauzi, Selasa (6/5), seperti dikutip dari situs resmi DompetDhuafa.org

Adapun materi yang diberikan berupa kepemimpinan, character building,  komunikasi efektif, hubungan internasional, isu global kekinian, jurnalisme, dan materi pendukung dakwah lainnya. Para dai Cordofa, terang Fauzi, dijadwalkan akan mulai ditempatkan berdakwah pada hari pertama bulan Ramadhan 1435 Hijriah. Kurang lebih selama sebulan, mereka melakukan syiar dakwah Islam terutama mengenai zakat di lokasi penempatan.

“Selain target masyarakat lokal di negara bersangkutan mengenal Islam rahmatan lil alamin khas nusantara, juga bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di sana,” jelas Fauzi. Fauzi mengungkap para dai tersebut berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dan daerah. Mayoritas, selain sebagai seorang dai mereka juga berpofesi sebagai dosen, guru, dan pegiat di lembaga Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement