Kamis 01 May 2014 13:06 WIB

Masjid Shah Jahan, Masjid Berkubah Terbanyak (2)

Masjid Shah Jahan di Distrik Thatta, Provinsi Sindh, Pakistan.
Foto: Wikipedia.org
Masjid Shah Jahan di Distrik Thatta, Provinsi Sindh, Pakistan.

Oleh: Mohammad Akbar

 

Walau memiliki jumlah kubah yang banyak, masjid ini tidak memiliki kubah. Inilah sedikit ciri yang cukup menonjol dari desain luar masjid ini.

Untuk pintu masuk utama berhadapan dengan sebuah halaman tengah yang terbuka. Ruang terbuka itu berukuran 15.900 meter persegi.

Ruang terbuka itu juga bisa ditemukan di Masjid Istiqlal Jakarta. Letak pintu utama dari masjid ini berada di bagian timur. Sedangkan, untuk pintu masuk sekundernya berada di sisi utama dan selatan.

 

Sementara itu, pada bagian muka masjid, hadir sebuah kolam yang berbentuk persegi panjang. Di kedua sisi kolam itu ditumbuhi oleh deretan pepohonan yang membuatnya terlihat asri.

Pola penataan kolam ini menjadi salah satu ciri dari gaya bangunan Mughal. Model semacam ini juga terlihat pada bangunan Taj Mahal yang menjadi salah satu peninggalan dari Shah Jahan.

 

Selepas melintas kolam, para pengunjung akan bisa melihat deretan arcade. Model lengkungan ini memberinya seperti kesan sebuah gerbang. Pada bagian ini, warna merah bata terlihat begitu dominan.

Warna merah bata ini kemudian diselingi pula oleh warna putih. Keduanya membentuk semacam garis-garis horizontal yang menghiasi tampilan muka serta bagian selasar dari bangunan ini.

 

Pada bagian ini, terdapat pula warna biru dan kuning. Warna biru ini menghiasi ruang yang ada di bagian luar dari bentuk lengkungan. Warna biru ini menghiasi pula motif bunga. Sedangkan, pada bagian warna kuning terdapat tulisan kaligrafi berbahasa Arab.

 

Permainan geometris

Pada saat menyusuri bagian selasar, terlihat pilar-pilar besar yang menopang masjid ini hingga memberikannya kesan kokoh. Namun, saat berada di bagian ini, pandangan justru dibuatnya tersedot untuk melihat permainan warna merah, putih, dan biru yang menghiasi bagian langit-langitnya.

Tampilan tersebut terlihat menjadi lebih memikat ketika tepat di bawah kubah-kubah berukuran kecil yang ada di bagian selasar masjid tersebut. Umumnya, pada bagian ini dihiasi dengan garis merah dan putih yang membentuk lingkaran menyesuaikan dengan pola bentuk kubah, yakni semakin ke bagian atas lingkaran tersebut menjadi lebih mengecil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement