Sabtu 05 Apr 2014 15:44 WIB

Mendudukkan Pemikiran Sang Mufasir (2)

Kumpulan kitab Islami dan kitab tafsir (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Kumpulan kitab Islami dan kitab tafsir (ilustrasi).

Oleh: Rosita Budi Suryaningsih     

Setelah pengantar disajikan dengan perinci, Quraish kemudian mulai menyajikan penafsirannya dengan cara menganalisis secara kronologis dan memaparkan berbagai aspek yang terkandung dalam ayat-ayat Alquran sesuai dengan urutan bacaan mushaf.

Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa ayat-ayat dan surah dalam Alquran tersebut punya keserasian yang sempurna dan merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisah-pisahkan.

Buku Kajian Alquran di Indonesia karya Howard M Federspiel menilai corak dan gaya penafsiran Alquran ala Quraish, menurutnya, merupakan generasi baru yang mewarnai dinamika tafsir modern Tanah Air.

Quraish telah meletakkan standar baru bagi studi Alquran yang bisa dicerna oleh kalangan awam. Selain mengupas makna-makna dari ayat-ayat Alquran, Quraish juga memberikan wawasan tambahan aktual dan lokal.

Howard menguraikan, dinamika kajian tafsir di Indonesia mengalami fase-fase. Setidaknya jika diurai, ada tiga fase utama. Ketiga generasi ini memiliki karakteristik tafsir yang berbeda-beda, tetapi tetap saling melengkapi satu sama lain.

Generasi mufasir pertama, sebut dia, bermula dari awal abad ke-20 hingga awal 1960-an. Model ini ditandai dengan adanya penafsiran yang masih terpisah-pisah dan belum terkodifikasikan dengan baik.

Generasi kedua menghadirkan model tafsir yang lebih sempurna. Di dalam tafsirnya, disisipkan beberapa catatan, catatan kaki, terjemahan per kata, juga indeks yang sederhana. Tafsir yang mulai muncul pada 1970-an lebih baik dibandingkan sebelumnya. “Banyak komentar-komentar luas terhadap teks,” tulis dia.

Karya representatif yang mewakili generasi ini adalah Al-Furqan karya Amad Hassan, Tafsir Alquran karya Hamidy, dan Tafsir Alquranul Karim karya Mahmud Yunus. Karakteristik tafsir generasi ini ialah adanya informasi mengenai konsep-konsep Islam dan poin-poin inti yang terdapat dalam setiap surah dalam Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement