Sabtu 22 Mar 2014 21:31 WIB

Wisuda 6666 Santri TPQ Karimun Masuk MURI

Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar.
Foto: Republika/Agung Supri
Wakil Menteri Agama, Nasaruddin Umar.

REPUBLIKA.CO.ID, KARIMUN -- Wisuda sebanyak 6.666 santri Taman Pendidikan al Quran (TPQ) se-Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, masuk Museum Rekor Indonesia karena merupakan wisuda santri terbanyak di Indonesia.

Pencatatan dalam buku Museum Rekor Indonesia itu ditandai penyerahan sertifikat oleh Manajer MURI Yusuf Ngadri kepada Bupati Karimun Nurdin Basirun di sela-sela pelaksanaan wisuda di Jalan Pesisir Tanjung Balai Karimun, Sabtu.

Wisuda santri TPQ sebanyak itu secara simbolis dilakukan Wakil Menteri Agama Nazaruddin Umar bersama Gubernur Kepri Muhammad Sani dan kepala daerah enam kabupaten/kota di provinsi ini.

Wakil Menteri Agama mengatakan, santri sebanyak itu memiliki makna cukup mendalam karena jumlahnya sama dengan ayat-ayat suci Alquran yang juga 6.666.

Wamenag mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Karimun maupun Pemerintah Provinsi Kepri yang menyelenggarakan wisuda santri dengan mengacu pada jumlah ayat-ayat Alquran yang tentunya memiliki nilai historis dalam kaitan pemahaman dan pengamalan kitab suci tersebut.

"Dan, yakinlah pasti mendapatkan berkah, bila pemerintahan ditata dengan Alquran," kata dia. Alquran, menurut Wakil Menteri Agama sangat sistematis yang dihitung dengan komputer. Kerahasian pembagian ayat-ayat dengan angka 19 dapat menguji keabsahan Alquran.

"Jika ayat Alquran dan jumlah hurufnya tidak dapat dibagi dengan angka 19, maka bisa dipastikan kitab suci itu palsu," ucapnya. Ia menambahkan, isi dan kandungan Alquran sangat komplit. Setiap halamnnya pasti memiliki keajaiban.

"Begitu hebatnya isi kandungan Alquran tersebut, sehingga seluruh pernyataan di dalamnya tidak pernah terbantahkan oleh manusia manapun. Bahkan, sampai akhir zaman makin terbukti kebenarannya," tuturnya.

Pelaksanaan wisuda 6.666 santri TPQ merupakan satu dari rangkaian kegiatan memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran ke-5 tingkat Provinsi Kepri yang dilaksanakan di pesisir Tanjung Balai Karimun pada 21-27 Maret 2014.

Gubernur Kepri Muhammad Sani juga mengapresiasi Pemkab Karimun yang melakukan wisuda dengan jumlah yang sama dengan ayat Alquran.

Ia berharap wisuda tersebut menjadi motivasi dalam mengajarkan Alquran kepada generasi muda bagi seluruh kabupaten/kota di Kepri. "Selamat kepada Pemkab Karimun yang telah melakukan wisuda terhadap para santri TPQ," kata dia.

Selain wisuda santri, pelaksanaan pawai taaruf juga masuk MURI karena jumlah pesertanya yang mencapai 21.000 orang merupakan yang terbanyak di Indonesia. Kemudian, peresmian Tugu Takwa masuk MURI karena merupakan monumen MTQ pertama Tanah Air.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement