Jumat 21 Mar 2014 13:05 WIB

40 Negara Ikuti MTQ Internasional di Sumatra Selatan

Suasana MTQ di Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Suasana MTQ di Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Sebanyak 40 negara akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional di Sumatra Selatan (Sumsel) pada September 2014 sesuai hasil rapat di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Kesiapan negara yang akan ikut MTQ tersebut berdasarkan hasil rapat bersama pihak Kementerian Agama pusat beberapa waktu lalu", kata Asisten Kesra Pemerintah Provinsi Sumsel Ahmad Najib di Palembang, Jumat (21/3).

Pihaknya telah menghadiri rapat di Jakarta itu dan dilaporkan sebanyak 40 negara menyatakan akan hadir pada MTQ internasional tersebut. MTQ tersebut di antaranya akan memperlombakan hafal Al Quran 30 juz, 20 juz dan 10 juz, seni baca Alquran.

Mengenai kesiapan Sumsel selaku tuan rumah, Ahmad mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan diri baik dari sisi kepanitiaan maupun fasilitas pendukung. "Yang jelas Sumsel sudah siap menyelenggaerakan MTQ tersebut karena semua fasilitas pendukung sudah tersedia," tegasnya.

Selain itu Pemerintah Provinsi Sumsel selalu berkoordinasi dengan kementerian agama dalam pelaksanaan MTQ internasional tersebut. Namun, yang lebih penting lagi dengan adanya MTQ Internasional diharapkan di daerah ini akan muncul pembaca kitab suci bagi umat Islam tersebut di tingkat Asia.

Selain itu diharapkan kegiatan internasional di bidang agama tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi rakyat. Oleh karena itu perlu didukung bersama agar MTQ tersebut berlangsung sukses.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement