Sabtu 15 Mar 2014 10:28 WIB

Kazan, Kisah Penguasa Stepa (3)

Masjid Qolsharif di Kazan, Rusia.
Foto: Russiatrek.org
Masjid Qolsharif di Kazan, Rusia.

Oleh: Ani Nursalikah

Wilayah yang dihuni bangsa Tatar dikenal memiliki banyak bengkel metalurgi, tembikar, dan kerajinan emas dan perak. Komoditas yang paling terkenal adalah kulit. Karena kualitasnya sangat terpandang, di Asia Tengah dan Persia kulit terbaik disebut Bulgar.

Sebagian besar masyarakat Tatar ketika itu sudah melek huruf. Perpustakaan banyak ditemui di masjid maupun madrasah.

“Ketika bangsa Slav masih belum mendirikan gereja dan belum mulai menduduki wilayah itu atas nama bangsa Eropa, maka Bulgar sudah mendengarkan bacaan Alquran di tepi Sungai Volga dan Kama,'' tulis sejarawan Rusia SM Solovyov menggambarkan majunya peradaban Kazan ketika itu.

Namun, Kerajaan Kazan Khanate akhirnya mengalami kemunduran karena banyak mengalami pergolakan internal berupa perebutan kekuasaan. Pada tahun 1552, Khazan Khanate akhirnya takluk kepada Kekaisaran Rusia yang didirikan oleh orang-orang Slavik yang berpusat di Moskow.

Mulai saat itu, bangsa Tatar mengalami kemunduran di berbagai bidang, baik ekonomi maupun budaya. Aset ekonomi banyak dikuasai orang Rusia maupun orang Tatar pro-Moskow dan banyak orang Tatar yang berpindah ke agama Kristen.

Kaisar Rusia Peter Agung pada awal 1700-an memberlakukan aturan diskriminatif yang membatasi kebebasan warga Muslim, terutama bangsa Tatar. Peter bahkan memaksa Muslim Tatar beralih keyakinan menjadi pemeluk Kristen Orthodoks.

Aturan diskriminasi itu kemudian dihapuskan oleh Ratu Catherine pada abad ke-18. Bahkan, pada 1771 Catherine mengizinkan pendirian dua madrasah.

Atas tindakannya menghapuskan aturan-aturan diskriminatif terhadap kaum Tatar, ratu Kekaisaran Rusia itu sangat dihormati di Kazan. Ada suatu anekdot yang mengisahkan keluhan pendeta Orthodoks atas pembangunan menara masjid yang lebih tinggi dari menara gereja.

Menurut cerita, Catherine menjawab, “Aturan saya berlaku di Bumi. Apa yang  terjadi di langit adalah urusan Tuhan.” Pernyataannya tersebut secara tidak langsung mengizinkan menara masjid tetap berdiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement