Sabtu 15 Feb 2014 23:11 WIB

Pusat Studi Al-Qur'an Gelar Seminar Internasional Alquran

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
Workshop Pemahaman Alquran
Foto: Republika/Edi Yusuf
Workshop Pemahaman Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Studi Al-Qur'an (PSQ) mengadakan sebuah konferensi internasional studi Alquran.

Marcom and Fundraising Manager PSQ Trisula H Sunita mengatakan konferensi ini diselenggarakan untuk memperingati 10 tahun berdirinya PSQ dan 70 tahun pendirinya M Quraish Shihab.

Acara berlangsung pada 15 hingga 16 Februari 2014 di Auditorium Harun Nasution Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Sebanyak delapan akademisi dari dalam dan luar negeri akan menjadi pembicara dalam konferensi ini. Jumlah peserta yang mengikuti konferensi sekitar 700 orang.

Tema yang diangkat adalah "//Grounding the Qur'an: Towards Transformative Qur'anic Studies//" atau "Membumikan Al-Qur'an: Menuju Studi Qur'an yang Transformatif". Acara dibuka oleh Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.

Hari pertama terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama membahas //Challenges of Qur'anic Studies in Global Era// yang dipandu oleh Alwi Shihab sebagai moderator. Sesi kedua mengambil tema //Tafsir Studies in Southeast Asia//.

Pada hari kedua, akan dipresentasikan 70 makalah secara pararel dalam sembilan kelas. Para pembicara adalah mahasiswa pascasarjana dari dalam dan luar negeri yang mempelajari mengenai studi Alquran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement