Senin 13 Jan 2014 19:43 WIB

Menteri Agama Dijadwalkan Buka MTQ Provinsi Kepri

MoRA Suryadharma Ali (3rd from left) (illustration)
Foto: kemenag.go.id
MoRA Suryadharma Ali (3rd from left) (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, KARIMUN -- Menteri Agama Suryadharma Ali dijadwalkan membuka Musabaqah Tilawatil Quran ke-5 Provinsi Kepulauan Riau di Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, 21-17 Maret 2014, kata Kepala Bagian Humas Setkab Karimun Muhammad Yosli.

"Sesuai hasil pertemuan Bupati di Jakarta. Insya Allah, Menteri Agama akan menghadiri dan membuka MTQ tingkat Provinsi Kepri yang dipusatkan di Panggung Rakyat Putri Kemuning, Jalan Lingkar, Tanjung Balai Karimun," katanya di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Kehadiran Menteri Agama, menurut Muhammad Yosli akan menambah gengsi dan semarak pelaksanaan MTQ yang diikuti hadiri kafilah dari tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

"Kunjungan Menteri ini memberikan nilai tambah yang diharapkan memotivasi para kafilah untuk berlomba mengukir prestasi yang terbaik," katanya.

Selain membuka MTQ, ucap dia, Menteri Agama juga akan mewisuda 6.666 santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) di sela-sela lomba seni baca Al Quran itu.

"Jumlah santri TPQ yang diwisuda itu sengaja kita rancang sedemikian rupa yang kita samakan dengan jumlah ayat-ayat suci Al Quran yaitu 6.666 ayat," katanya.

Menteri Suryadharma Ali, menurut dia akan mewisuda secara simbolis para santri TPQ itu dan prosesi selanjutnya dilakukan oleh Gubernur Kepri, kepala daerah tujuh kabupaten/kota se-Kepri dan para pejabat lainnya.

"Pelaksanaan MTQ bakal meriah dan penuh nuansa keagamaan, apalagi dengan adanya prosesi wisuda santri TPQ sebanyak itu. Kita berharap ada kebijakan dari Menteri setelah melihat dan mewisuda para santri TPQ," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Menteri juga akan meresmikan pameran pembangunan yang juga diikuti tujuh kabupaten/kota dan umum.

"Selanjutnya, Menteri juga akan meresmikan Tugu Takwa yang baru selesai dibangun tidak jauh dari arena MTQ," tambahnya.

Karimun, kata dia, yang empat kali meraih juara umum, dua di antaranya diraih secara berturut-turut bertekad untuk meraih sukses dalam penyelenggaraan maupun prestasi.

Dalam ajang MTQ itu, turut dilaksanakan pameran pembangunan yang diikuti 200 stan umum, 7 stan untuk 7 kabupaten/kota, satu stan masing-masing untuk Pemprov Kepri dan PKK.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement