Sabtu 11 Jan 2014 19:04 WIB

Yatim Mandiri Bantu Korban Banjir Jember

Penanganan korban banjir
Foto: Republika/Prayogi
Penanganan korban banjir

REPUBLIKA.CO.ID, Tim Yatim Mandiri mengadakan bakti sosial untuk korban banjir Desa Kencong, Jember, Sabtu (4/1).

Melalui Program By Pass Bencana atau Tanggap Bencana, sebanyak 150 paket sembako dan 864 kaleng Sosis Super Gizi Qurban diberikan kepada korban.

Manajer Marketing Devolepment Yatim Mandiri Muhammad Mudzakir menjelaskan, rencana awal penyaluran bantuan akan diberikan langsung kepada warga.

Tapi karena hujan yang cukup deras dan khawatir banjir susulan maka paket bantuan ditampung di rumah salah satu warga yang jaraknya cukup aman. Dari 360 kepala keluarga yang terkena dampak banjir, ada 150 keluarga yang terkena paling parah.

Mudzakir mengemukakan, banjir yang melanda dua desa, yaitu Kencong dan Kraton ini disebabkan jebolnya tanggul sungai yang mengalir di kedua desa tersebut. Ini akibat tidak mampu menahan debit air hujan yang turun tiga hari berturut-turut.

Meskipun tidak ada korban jiwa, bencana ini menimbulkan banyak kerugian. Sebagian besar warganya yang berprofesi sebagai petani jeruk harus menderita kerugian karena tanamannya terseret air bah.

Tim Yatim Mandiri, juga memperbaiki tanggul. Ini lantaran penahan tanggul yang hanya terbuat dari bambu rawan jebol bila dihantam hujan berulang kali. Dengan bantuan dua alat berat, masyarakat secara swadaya dan gotong royong memperbaiki tanggul yang rusak.

Harapan masyarakat, pemerintah bisa memperbaiki tanggul itu dengan baik agar tidak terjadi bencana kembali. “Kita harapkan instansi terkait peduli,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement