Kamis 24 Oct 2013 04:11 WIB

Bazda Serang Terima Zakat Rp 4,6 Miliar

Zakat (ilustrasi).
Foto: wordpress.com
Zakat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Penerimaan zakat melalui Badan amil zakat daerah (Bazda) Kabupaten Serang, Banten, sebesar Rp 4,6 miliar selama bulan September 2013, meningkat dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang hanya Rp 3,5 miliar.

Ketua Bazda Kabupaten Serang Wardi Muslih di Serang, Rabu, mengatakan dengan meningkatnya penerimaan zakat yang diterima Bazda dari wajib zakat menandakan kinerja lembaga pengumpul zakat tersebut turut mengalami peningkatan.

"Dari capaian saat ini dengan jeda waktu yang sama yakni September saja penerimaan zakat meningkat Rp1,1 miliar dari Rp3,5 miliar pada September 2012 menjadi Rp4,6 miliar pada bulan yang sama di 2013," ujar Wardi, saat memberikan sambutan pada acara Milad Bazda Kabupaten Serang ke-13 di halaman Kantor Bazda, Rabu.

Atas pencapaian tersebut, selain dari hasil kerja keras pihaknya dalam menyosialisasikan pembayar zakat namun juga hal itu dapat terlaksana oleh masing?masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang turut berperan aktif.

"Ini bukan semata-mata hasil kerja Bazda tapi peran semua pihak terutama SKPD yang terus menyosialisasikan kewajiban membayar zakat profesi kepada para pegawainya," katanya.

Menurut Wardi dengan pencapaian itupun tentu memberikan dampak positif terhadap output yang diberikan kepada masyarakat.

Misalnya dengan capaian tersebut pihaknya pada milad ke-13 Bazda Kabupaten Serang mampu menganggarkan dana sebesar Rp 160 juta dari hasil zakat untuk menggelar sejumlah kegiatan sosial untuk masyarakat.

"Anggaran Rp 160 juta kami gunakan untuk acara pengobatan dan khitanan massal sebesar Rp 30 juta, biaya santunan Rp 30 juta, biaya beasiswa dan paket sekolah di enam kecamatan Rp 30 juta. Kemudian bantuan pengobatan bagi penderita kusta Rp 15 juta, pembiayaan donor darah Rp 10 juta, penanggulangan gizi buruk Rp5 juta, sisanya untuk operasional kegiatan dan kegiatan sosial lainnya," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman mengatakan agar pencapaian tersebut dapat dipertahankan untuk ke depannya.

Ia berjanji akan memberikan hibah satu unit mobil mini bus sebagai 'reward' dan rangsangan agar kinerja Bazda Kabupaten Serang dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement