Rabu 16 Oct 2013 19:00 WIB
Hikmah Idul Adha

Din Ingatkan Umat Islam Soal Komitmen Ibrahim AS

Ketua Umum PP Muhammadiyah ketika berceramah di Masjid Lautze, Jakarta, Selasa (16/10)
Foto: Agung Sasongko/ROL
Ketua Umum PP Muhammadiyah ketika berceramah di Masjid Lautze, Jakarta, Selasa (16/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Hikmah paling penting dalam perayaan Idul Adha 1434 H yang perlu ditempa umat Islam adalah komitmen Nabi Ibrahim AS pada kebenaran. Hal itu diungkap Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, saat bersilaturahim ke Masjid Lautze, Pasar Baru, Jakarta, Senin (16/10).

"Nabi Ibrahim adalah salah satu Nabi yang memiliki keistimewaan, Ulul Azmi, Ibrahim AS seorang yang hanif, yang punya komitmen pada kebenaran. Inilah yang harus ditampilkan seorang Muslim, kehanifan, berpegang pada kebenaran," kata dia.

Menurut Din, seperti dikatakan Rasulullah SAW dalam hadistnya, hakikat agama itu kehanifan yang terbuka atau lapang dada. Ini yang harus ditempa umat Islam ."Saya kira melalui hikmah ini kita akan mengatasi segala persoalan bangsa," kata dia.

Bagaimana cara memulainya, kata Din, itu dilakukan mealui diri sendiri dan keluarga. "Kita tidak bisa membentuk komunitas atau umat kecuali dari pembentukan pribadi atau keluarga, untuk itu, umat Islam diingatkan untuk kembali pada komitmen Ibrahim AS," kata Din.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement