Selasa 10 Sep 2013 22:24 WIB

Kloter Haji Pertama Bertolak ke Tanah Suci

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Djibril Muhammad
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty
Jamaah haji Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kloter pertama calon jamaah haji 2013 telah bertolak ke tanah suci, Selasa (10/9). Keberangkatan mereka dilepas oleh Menteri Agama Suryadharma Ali yang didampingi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Kloter pertama yang berangkat hari ini yaitu sebanyak 455 calon jamaah haji dari embarkasi Jakarta. Sebelum naik ke dalam pesawat Garuda Indonesia, para calon haji yang mengenakan seragam batik ini disalami Suryadharma dan Jokowi.

Menurut Suryadharma, pada musim haji tahun ini, untuk pertama kalinya semua calon jamaah haji berangkat dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma. Sebelumnya, keberangkatan calon haji selalu dilakukan di Bandara Soekarno Hatta. 

"Perubahan yang sangat menonjol di tahun ini karena kita gunakan Bandara Halim. Bandara ini sangat dekat, baik dari Asrama Haji Pondok Gede maupun dari Asrama Haji Bekasi," kata dia.

 

Karena jaraknya yang lebih dekat, kata dia, maka jamaah bisa menghemat tenaga karena tidak terlalu lelah akibat perjalanan yang panjang. Dia juga mengatakan, telah membicarakan kemungkinan pemberangkatan jamaah umrah agar bisa dilakukan di Lanud Halim Perdanakusuma juga.

Sementara itu, Gubernur Joko Widodo juga menyambut baik adanya perubahan pemberangkatan haji dari Bandara Soekarno Hatta menjadi di Lanud Halim Perdanakusuma.

Sebab, gubernur yang hobi blusukan ini menilai, Bandara Soekarno Hatta kurang cocok bila digunakan untuk pemberangkatan jamaah haji. "Menurut saya haji umrah lebih baik di sini. Angkasa pura dan Halim sudah setuju," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement