Jumat 12 Apr 2013 14:58 WIB

Azan Pertama Swedia dari Menara Masjid Stockholm

Azan (ilustrasi)
Foto: forsil.org
Azan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM -- Azan pertama di Swedia hari ini, Jumat (12/4), akan dilakukan melalui sebuah menara masjid bernama Fittja Ulum yang terletak di Stockholm, ibu kota Swedia. Satuan pengamanan telah selesai memberikan inspeksi teknis dan memperbolehkan azan disuarakan lewat pengeras suara masjid itu.

Seperti dilansir Worldbulletin.net, kepala kepolisian Stockholm, Gunnar Edeland, juga menyatakan bahwa pembacaan azan dari menara untuk shalat Jumat tidak menimbulkan kerugian terkait ketertiban umum dan lalu lintas.

Azan tersebut akan dilakukan antara pukul 12.00 hingga 13.00 sekitar tiga sampai lima menit. Berdasarkan Waktu Indonesia Barat (WIB) azan tersebut akan berlangsung antara pukul 17.00 hingga 18.00 nanti.

Kepala Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka, Ismail Okur, mengatakan azan pertama tersebut dilakukan setelah kekurangan teknis di masjid tersebut diselesaikan.

Muslimin Stockholm telah mengajukan perizinan adzan tersebut bulan Januari lalu kepada pemerintah kota. Sederhana, mereka hanya meminta dispensasi untuk melantunkan azan sebelum shalat Jumat.

Dewan Kota Stockholm pun kemudian menyelenggarakan pungutan suara terkait adzan tersebut. Hasilnya, suara bulat setuju panggilan shalat bagi Muslimin dikumandangkan dari menara masjid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement