Rabu 27 Mar 2013 11:48 WIB

Islam Menyebar ke Barat dan Timur

Masjid Demak
Foto: 1
1

Masjid Demak

Kesuksesan penyebaran Islam oleh Kesultanan Demak pun tak lepas dari kehadiran Masjid Demak. Masjid inilah yang menjadi lambang kekuasaan Islam kesultanan tersebut. Dalam Ensiklopedi Islam disebut, menurut legenda masjid ini didirikan oleh Wali Songo secara bersama-sama dalam tempo semalam.

Babad Demak menyatakan masjid tersebut didirikan pada tahun 1399 Saka atau 1477 Masehi. Namun, dalam gambar bulus di mihrab masjid terdapat lambang tahun Saka 1401 yang menunjukkan Masjid Demak berdiri pada tahun 1479 Masehi. Inilah masjid tertua di Pulau Jawa.

Di Masjid Demak itulah para wali biasa berkumpul bertukar pikiran. Masjid ini pula yang menjadi markas penyebaran dakwah sekaligus pusat kegiatan Kesultanan Demak. Dari masjid, para wali dan sultan Demak mengadakan ekspansi yang dibarengi kegiatan dakwah Islam ke seluruh Jawa.

"Masjid tersebut telah memengaruhi alam pikiran orang Jawa selama berabad-abad, menjadi pusat kegiatan ibadat dan keagamaan, pusat kerajaan Islam pertama di Jawa (Kesultanan Demak)," tulis Ensiklopedi Islam.

Menurut Marwati dan Nugroho, pendirian Masjid Agung Demak oleh para wali dengan arsiteknya Sunan Kali Jaga merupakan pusat dakwah para wali, termasuk Wali Sanga. Yakni Sunan Ampel, Sunan Kudus, Sunan Gunung Jati, Sunan Muria, Sunan Bonang, Sunan Kalijaga, Sunan Darajat, Sunan Giri, dan Sunan Gresik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement