Rabu 13 Feb 2013 12:34 WIB

Mitra Laznas BSM Panen Perdana Ikan Bandeng

mitra laznas bsm panen perdana ikan bandeng
Foto: republika/damanhurizuhri
mitra laznas bsm panen perdana ikan bandeng

REPUBLIKA.CO.ID, -- Abdul Khoir, Dian, Ikbal, Nurjanah, Daris, Riri, Fitri, Putri, dan Nadia Vega tak mampu menyembunyikan rasa suka citanya. Dengan penuh bahagia, para santri pesantren Al Hidayah Lazuardi Madani (Lazma), Bekasi, mengangkat tinggi-tinggi ikan bandeng yang baru saja dipanen, Sabtu (9/2).

Tak hanya para santri yang berbahagia. Pimpinan Pesantren Al Hidayah Lazma, Ustaz Syam Komaruddin dan pengurus Laznas BSM pun tak kuasa gembira menyaksikan panen perdana ikan bandeng di tambak yang terletak di Kampung Utan, Gedong Desa Pantai Hurip Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

''Kami sangat berterimakasih kepada Laznas BSM yang telah membantu pengembangan pendidikan para santri Pesantren Al Hidayah dengan membantu memberi bibit ikan bandeng,'' ungkap Ustaz Syam Komaruddin.

Bantuan bibit ikan bandeng dari Laznas BSM yang ditebar enam bulan lalu di kolam tambak milik salah seorang wali santri Pesantren Al Hidayah itu, dipanen dengan hasil sangat memuaskan.

Ustaz Komaruddin menilai program Mitra Umat yang digulirkan Laznas BSM dengan pengembangan enonomi pesantren sangat besar manfaatnya buat pembinaan dan biaya operasional kebutuhan ekonomi santri Pesantren Al Hidayah Lazma.

Ia mengungkapkan rasa syukurnya kepada Allah SWT yang telah mengirimkan orang-orang baik lagi dermawan, sehingga ia dan para guru bisa istikomah membimbing para santri pesantren yang berlokasi di Kampung Blendung Tugu Rt 01/01 Desa Muara Bakti, Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Tak pernah terbayangkan mendapatkan rizki bagi para santri dalam bentuk ikan bandeng yang diternaknya. Untuk panen perdana, ikan bandeng yang diangkat dari tambak seberat 240 kg dengan harga per kg Rp 13 ribu. ''Insya Allah, panen ini akan berlangsung selama tujuh hari,'' ungkap Ustaz Syam Komaruddin

Menurut dia, pemasaran ikan bandeng yang dipanen tidak sulit. ''Alhamdulillah, para pembeli sudah siap. Mereka langsung mendatangi tambak, jadi kita nggak repot,'' ungkap Ustaz Komaruddin penuh syukur.

Suradi, staf pendayagunaan Laznas BSM menyatakan hasil budi daya ikan bandeng ini diharapkan menjadi titik awal untuk meningkatkan kemandirian pondok pesantren Al Hidayah Lazma Bekasi.

Program pemberdayaan masyarakat pesantren ini dimulai sekitar enam bulan. Laznas BSM memberikan bibit ikan bandeng kepada Pondok Pesantren Al Hidayah untuk dipelihara di dalam kolam tambak, sehingga bisa memberikan manfaat untuk kebutuhan santri Pesantren Al HIdayah yang berjumlah 55 orang.

n

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement