Selasa 27 Nov 2012 10:48 WIB

Islam Kian Eksis di Fiji (3-habis)

Rep: Fitria Andayani/ Red: Chairul Akhmad
Muslimah Fiji.
Foto: corrections.org.fj
Muslimah Fiji.

Peran Organisasi Islam

Sejumlah organisasi Islam di Fiji memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap pendidikan dan kehidupan sosial masyarakat setempat.

MIAF, misalnya, fokus untuk memberikan pendidikan keislaman bagi komunitas Muslim. Organisasi ini menjadikan masjid yang mereka miliki sebagai pusat pendidikan dan pelatihan.

Setiap pekan, biasanya pada hari Ahad, para ustaz di masjid-masjid tersebut memberikan pembelajaran agama Islam bagi anak-anak dan orang dewasa.

 

Sedangkan, Liga Muslim Fiji membangun sekolah perempuan Islam pertama pada 1926 dan sekarang dikenal dengan Sekolah Dasar Muslim Suva. Kini, Liga Muslim Fiji mengelola dan memiliki 17 sekolah dasar dan lima sekolah menengah serta sebuah sekolah tinggi Islam.

Liga Muslim Fiji menerima murid dan karyawan dari berbagai etnis. Organisasi ini juga memberikan pinjaman untuk membiayai sekolah bagi keluarga Muslim yang membutuhkan. Dana tersebut berasal dari Education Trust dan Islamic Development Bank (IDB).

Selain pendidikan, Liga Muslim Fiji juga berusaha memenuhi kebutuhan sosial para Muslim. Beberapa waktu lalu, Liga Muslim turut andil dalam membantu korban bencana alam di Turmoil. Mereka memberikan bantuan pakaian laik pakai, makanan, dan perumahan. Mereka juga membantu anak-anak Muslim untuk bersekolah kembali.

Liga Muslim juga berusaha memperkuat hubungan antar-Muslim melalui olahraga. Pada 1944, organisasi ini menginisiasi turnamen sepak bola Muslim antardistrik di Singatoka. Turnamen tersebut dilakukan setiap tahun hingga 2006.

Tak hanya itu, Liga Muslim juga terus berusaha meningkatkan peran Muslim dalam perpolitikan di Fiji. Hal ini sudah mereka lakukan sejak 1929. Hasilnya, Liga Muslim berhasil menempatkan perwakilan Muslim di dewan legislatif dan parlemen hingga 1970.

Front politik Muslim pun dibentuk untuk meningkatkan hak Muslim dalam dunia politik. Mereka membentuk aliansi dengan partai politik lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement